Apakah tahi lalat berbahaya?

NL Info Penanya: NL, Wanita, 30 Tahun
Sore dok,sy mau tanya.sy pnya tnda lahir (tahi lalat) yg jumlahnya banyak.dn umur mlah mkin bnyk.apkh ini pnykit atw bukan? Klo bsa d hilangkn apkh ada obatnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, N.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Setiap orang pasti memiliki tahi lalat di bagian tubuhnya. Adanya yang jumlah banyak dan ada yang sedikit. Ada yang menyebar ke bagian tubuh lain dan ada juga yang mengelompok. Seiring bertambahnya usia, tahi lalat akan mengalami perubahan bentuk, bertambah banyak, atau menghilang dengan sendirinya. Penyebab munculnya tahi lalat adalah akibat sel melanosit yang tinggi dan dipengaruhi juga oleh paparan sinar matahari. Ada beberapa jenis tahi lalat, yaitu nevi kongenital (tahi lalat yang sudah ada dari lahir) dan nevi diplastik (tahi lalat yang ukurannya lebih besar dari umumnya dan berbentuk tidak beraturan).

Walaupun tahi lalat merupakan kondisi yang normal, tapi tetap harus diwaspadai kehadirannya. Lebih seringlah melihat perubahan bentuk, warna, dan ukuran dari tahi lalat Anda, karena bisa saja itu merupakan kanker kulit. Untuk melihat tahi lalat yang Anda punya merupakan tahi lalat yang berpotensi menjadi kanker atau tidak, Anda dapat melakukan pemeriksaan ABCDE, yaitu A (Asymetry. Tahi lalat berbentu tidak sama di bagian yang lainnya), B (Border. Tepi tahi lalat berbentuk tidak rata), C (Color. Tahi lalat tidak memiliki warna yang sama), D (Diameter. Diameternya lebih dari ukuran normal), E (Evolution. Tahi lalat berubah bentuk, ukuran, dan warna)

Ada beberapa cara menghilangkan tahi lalat, yaitu:

  • Bedah eksisi
  • Cryotherapy
  • Laser
  • Metode dibakar
  • Eksisi mencukur
  • Eksisi elips

Untuk memastikan kembali apakah tahi lalat Anda normal atau tidak, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter kulit agar dapat diperiksa secara langsung dan di terapi dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh IS
04 Feb 2020, 20:04
Jangan dihilangkan bu...
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat tradisional kanker payudara bisa ditemukan di sekitar Anda, termasuk pare.

7 Obat Tradisional Kanker Payudara yang Bisa Jadi Pilihan

Kandungan antioksidan pencegah sel kanker dalam 7 tanaman ini membuat deretan tanaman ini dimanfaatkan pula antara lain sebagai obat tradisional kanker payudara. Apa saja tanaman herbal tersebut?