Masalah keputihan bau tidak sedap

A Info Penanya: A, Wanita, 31 Tahun
Masalaha keputihan bau tidak sedap
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam A

Keluarnya keputihan pada wanita merupakan kondisi normal. Namun pengeluaran yang terlalu banyak dapat menjadi penanda beberapa kondisi seperti efek samping kontrasepsis, sedang hamil, infeksi bacterial vaginosis, infeksi menular seksual seperti klamidia dan gonorhea. 

Pada keputihan yang berbau jika berwarna putih disertai gatal bisa terjadi akiban bacterial vaginosis, penyebab tersering akibat tidak menjaga kebersihan vagina, penggunaan sabun cebok vagina yang menghilangkan flora normal disekitar alat kelamin dan konsumsi antibiotik tertentu. 

Kondisi lain penyebab keputihan yang berbau tidak sedap biasanya infeksi menular sexual seperti klamidia, gonorhea, candidiasis vulvovaginosis. Bentuk keputihan biasanya bercampur warna kuning atau kehijauan, disertai riwayat hubungan sexual beresiko atau tidak memakai pengaman. 

Saya sarankan anda untuk mencuci bersih vagina, hindari pemakaian celana yang terlalu ketat, mengganti celana dalam jika lembab dan hindari aktivitas sexual beresiko. Untuk bacterial vaginosis dapat dihilangkan dengan penggunaan antibiotik sesuai intruksi dokter. 

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Sp.OG atau spesialis kulit dan kelamin Sp.KK

Salam sehat

dr.Zulham Effendy

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kandidiasis vagina adalah infeksi jamur yang menyebabkan iritasi, rasa gatal, dan perih di daerah kewanitaan

Daerah Kewanitaan Gatal dan Perih karena Kandidiasis Vagina, Lakukan Langkah Ini!

Kandidiasis vagina adalah infeksi jamur yang menyebabkan iritasi, gatal, dan keputihan pada vagina. Untuk menghilangkan rasa gatal dan perih di vagina, Anda dapat menggunakan bahan-bahan seperti minyak teh pohon atau tea tree oil, yogurt alami, dan suplemen probiotik.