21 Jan 2021, 21:35Kandungan

Apakah menggunakan KB suntik 3 bulan bisa hamil ?

ES
Info Penanya: ES0
Selamat malam dok saya telat KB suntik 1 stngh bulan,KB suntik 3 bulan,, apakah bisa langsung hamil..???sedangkan tidak pernah haid selama melakukan suntik KB 3 bulan ini
263 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, E.Efek dari penggunaan alat kontrasepsi KB suntik terutama yang 3 bulan, dimana kandungan yang ada pada suntikan berupa hormon progesteron, membuat seorang wanita tidak menstruasi hingga berbulan-bulan lamanya. Tidak menstruasi ini membuat wanita ragu, apakah penyebab karena kehamilan atau hanya efek samping dari alat kontrasepsi.

Apakah menggunakan KB suntik 3 bulan bisa hamil ?

Walau wanita tidak haid, jika ovulasi masih berlangsung, dan saat wanita dalam masa subur melakukan hubungan seksual, maka sel sperma yang masuk melalui penetrasi penis tetap dapat melakukan pembuahan, sehingga kehamilan dapat terjadi.Kehamialn dapat diikuti dengan tanda dan gejala seperti pada wanita umumnya yaitu merasakan sensasi mual, dan muntah yang terasa lebih berat di pagi hari, timbul rasa keram dan tidak nyaman di perut serta payudara, keluar flek kecoklatan maupun keputihan. Namun berapa orang wanita tidak merasakan gejala hamil sama sekali.Untuk itu, jika Anda tetap mengalami telat datang bulan, Anda dapat memastikan diri bahwa sedang tidak hamil, dengan melakukan pengecekan berkala menggunakan test pack, pemeriksaan USG di dokter spesialis kandungan. Jika benar dalam keadaan tidak hamil, Anda dapat mengganti alat kontrasepsi yang tidak menggganggu hormon, agar siklus haid tetap lancar.Semoga bermafaat.Salam sehat.dr.Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil