01 Nov 2020, 17:52Kandungan

apakah bisa terjadi kehamilan setelah masa nifas?

DI
Info Penanya: DI0
Assalamualaikum dok, saya mau tanya. Saya baru saja selesai masa nifas. setelah 2 minggu selesai masa nifas saya melakukan hubungan intim dan belum ikut KB. Tpi sperma dikeluarkan luar. Apakah ada kemungkinan bisa hamil lagi ? Terimakasih ?
247 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang DI,Kehamilan bisa terjadi jika sudah melewati masa nifas dan kembali berhubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi atau KB. Jika melakukan hubungan seksual tetapi dilakukan ejakulasi diluar memang bisa mencegah kehamilan tetapi peluang untuk terjadinya kehamilan masih bisa terjadi. Hal ini disebabkan karena selama melakukan hubungan seksual bisa ada cairan yang keluar sebelum sperma yang disebut dengan cairan preejakulasi yang bisa mengandung sel sperma dan bisa membuahi sel telur.Untuk itu perlu diperhatikan apabila di siklus menstruasi berikutnya mengalami terlambat menstruasi, lakukan pemeriksaan tes kehamilan menggunakan testpack. Jika sudah dipastikan tidak hamil, maka sebaiknya bisa menggunakan metode kontrasepsi untuk mencegah kehamilan.Beberapa alat KB yang bisa menjadi pilihan ketika menyusui diantaranya adalah:
  • KB suntik 3 bulan
  • KB implan atau KB susuk
  • KB spiral atau IUD/Alat Kontrasepsi Dalam Rahim
  • Pil KB progestin
  • Kondom
Jadi perhatikan dan pastikan apakah terjadi kehamilan atau tidak dan bisa pilih metode kontrasepsi sesuai dengan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing alat kontraspesi sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P. 
hubungan seksualpenggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil