Masalah keputihan tiap berhubungan seksual apakah tanda kehamilan?

NR Info Penanya: NR, Wanita, 23 Tahun
Halo dok, mau tanya klo habis berhubungan suami istri terus beberapa hari terus keluar kaya keputihan tapi banyak, apa itu tadanya mau hamil atau apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NR,

Keputihan adalah mekanisme organ kewanitaan untuk melakukan pembersihan terutama dari sisa kotoran ataupun sel mati. Jika keluhan keputihan selalu terjadi setelah berhubungan seksual, kondisi ini bisa dipengaruhi oleh kegiatan berhubungan seksualnya. Bisa karena iritasi atau peradangan vagina, bisa juga ada infeksi jika ditandai dengan adanya rasa gatal ataupun bau khas.

Keputihan sendiri bisa juga disebabkan oleh penyebab seperti diantaranya adalah:

  • Infeksi bakteri 
  • Infeksi jamur
  • Infeksi parasit
  • Infeksi menular seksual

Jadi jika ada perubahan warna keputihan, ada gejala tambahan seperti gatal, bau khas, nyeri saat buang air kecil atau nyeri saat berkemih maka perlu diperiksakan karena menandakan adanya infeksi.

Untuk itu perlu jaga kebersihan organ intim dengan membasuhnya menggunakan air hangat, ganti pakaian dan pakaian dalam lebih sering terutama jika lembap. Hindari menggunakan bahan pembersih khusus kewanitaan agar tidak memicu pertumbuhan mikroorganisme pemicu infeksi. 

Keputihan sendiri bukan selalu tanda hamil. Kecuali ada terlambat menstruasi atau tanda kehamilan lain. Bisa coba lakukan testpack jika ada terlambat haid agar dipastikan hamil atau tidaknya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sunat tanpa suntik merupakan inovasi metode sunat yang dilakukan tanpa memberikan suntikan bius

Sunat Tanpa Suntik, Anestesi dengan Metode Semprot

Ada orang yang tanpa melakukan sunat pun sudah merasa takut dengan suntik. Metode sunat tanpa suntik menjadi pilihan yang lebih nyaman. Dalam metode sunat tanpa suntik, anestesi dilakukan dengan metode semprot berkecepatan tinggi. Partikel yang disemprotkan sangat kecil sehingga aman.