Berapa usia kehamilan dan kapan taksiran melahirkan saya?

NH Info Penanya: NH
Dok sya lupa sma tanggal HPHT saya.. Jadi HPL nya jd ngk mnentu.. Sya hrs gmn dok?? Tlong penjelasannya.. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NH,

Untuk menentukan usia kehamilan dan hari perkiraan lahir (HPL) dapat ditentukan melalui beberapa metode seperti menggunakan perhitungan hari pertama haid terakhir (HPHT) ataupun dengan perhitungan menggunakan pemeriksaan USG.

Apabila HPHT tidak diketahui, hari perkiraan lahir bisa diketahui dari pemeriksaan USG. Tetapi hal ini bisa berubah-ubah tergantung dari ukuran janin, operator pemeriksaan USG dan beberapa faktor lain.

Hal ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan, karena taksiran persalinan atau hari perkiraan lahir hanya berupa perkiraan saja tidak tepat akan di tanggal tersebut akan melahirkan. Usia kandungan sendiri sudah dikatakan matang dan siap untuk lahir saat berusia 37 minggu-42 minggu masa kehamilan. Sedangkan taksiran partus atau hari perkiraan lahir sendiri sering kali ditentukan di minggu ke 37-38 atau tepatnya 9 bulan 7 hari.

Jadi tidak perlu khawatir jika sampai melewati taksiran lahir tapi belum juga ada tanda persalinan karena masih normal sampai dengan 42 minggu. Tetapi jika lebih dari 42 minggu perlu penanganan oleh dokter spesialis kandungan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Porsi makan untuk ibu hamil perlu diperhatikan untuk menjaga kelancaran proses kehamilan

Jangan Sembarangan, Ini Panduan Porsi Makan Saat Hamil

Saat hamil, bukan berarti Anda harus makan 2 kali lipat lebih banyak dari seharusnya. Kenali porsi makan untuk ibu hamil yang tepat berikut ini.