Mengapa tidak menstruasi saat pakai KB suntik 3 bulan?

SA Info Penanya: SA
Dok saya KB yg 1bln saat KB ak men nya lancar pas lepas KB kok malah ngak men ya dok dah suntik 3bln saya tes kok ngak hamil
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SAM.

Tidak menstruasi selama menggunakan suntik 3 bulan disebabkan karena perubahan hormon alami tubuh yang terjadi. Hal ini merupakan efek samping suntik 3 bulan yang wajar, dan angka kejadiannya cukup sering dialami oleh pengguna jenis kontrasepsi tersebut.

Efektivitas suntik 3 bulan menunda kehamilan cukup tinggi, yaitu 99%, yang berarti kemungkinan kehamilan sangatlah kecil. Apabila Anda sudah melakukan testpack tetapi negatif, maka hal yang paling memungkinkan adalah perubahan hormon, bukan kehamilan.

Mengapa Tidak Haid Saat Suntik 3 Bulan?

Kontrasepsi suntik 3 bulan mengandung hormon sintetik progesteron, yang dapat menunda kehamilan dengan cara mengentalkan lendir rahim (sehingga sperma tidak dapat bertahan hidup), serta mencegah pelepasan sel telur (sehingga tidak dapat dibuahi). 

Akibat tidak adanya pelepasan sel telur, dinding rahim tidak mengalami penebalan dan peluruhan seperti biasanya, dimana menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim. Hal ini dapat berlangsung terus-menerus, bahkan berbulan-bulan sampai setelah berhenti menggunakan kontrasepsi.

Oleh karena itu, apabila Anda merasa tidak nyaman, Anda bisa beralih ke jenis kontrasepsi lain yang mengandung hormon kombinasi progesteron dan estrogen, misalnya suntik 1 bulan atau pil kombinasi. Anda juga dapat mempertimbangkan kontrasepsi non-hormonal yang jarang memengaruhi siklus haid, seperti kondom atau IUD.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi secara tatap muka kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan pencegah kehamilan yang sering disebut-sebut adalah nanas dan pepaya

Khasiat Makanan Pencegah Kehamilan, Mitos atau Fakta?

Khasiat makanan pencegah kehamilan hanya bersifat kepercayaan turun-temurun dan belum ada kajian ilmiah yang dapat membuktikannya. Berikut penjelasan lengkap seputar mitos makanan pencegah kehamilan ini.