18 Sep 2021, 10:15Kandungan

Apakah setelah berhenti suntik KB 3 bulan, bisa hamil kembali ?

CC
Info Penanya: CC0
Assalamualaikum dok saya mau tax? Z KB suntik 3 bulan selama 3 bulan ini saya cuma sekali haid bulan lalu.tpi masa suntikan z hbis waktu tggl 3September dan saya tdk suntik lagi..apa kah z bisa langsung hamil dok
68 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, C.Suntik KB mengandung hormon dimana hormon ini mencegah pembuahan sel telur oleh sperma sehingga kehamilan tidak terjadi. Suntik KB ada 2 jenis dimana kandungannya berupa hormon progesteron atau kombinasi hormon progesteron dengan esterogen. Suntik KB dapat dilakukan setiap 1 bulan maupun 3 bulan sekali tergantung jenis suntik KB yang Anda pilih.

Apakah setelah berhenti suntik KB 3 bulan, bisa langsung hamil ?

Anda yang menggunakan KB suntik 3 bulan dimana selama 3 bulan ini Anda cuma sekali haid di bulan lalu. Anda seharusnya suntik KB kembali pada tanggal 3 September tapi Anda tidak melakukan suntik. Anda bisa langsung hamil jika berhubungan intim saat Anda dalam masa subur. Namun beberapa wanita yang melakukan suntik KB dapat mengalami gangguan siklus haid hingga berbulan-bulan walau sudah berhenti dan tidak suntik KB 3 bulan kembali, sehingga masa subur tidak dapat diprediksi. Suntik KB 3 bulan juga dapat menganggu kesuburan.Sebaiknya jika Anda berencana untuk hamil kembali, Anda serta suami mencoba untuk hidup yang lebih sehat dengan mempertahankan berat badan ideal, makan makanan bergizi, istirahat cukup, konsumsi air putih, konsumsi sayur, buah, vitamin termasuk asam folat dan vitamin E. Konsultasi ke dokter kandungan jika setelah berhenti suntik KB 3 bulan, Anda tidak kunjung haid.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
merencanakan kehamilankontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil