01 Dec 2020, 23:10Kandungan

Kenapa ada cairan di dalam rahim?

RF
Info Penanya: RF0
Maaf dok saya mau tanya.. Saya telat haid sekitar 2bulanan, nah dalam 2 bulan itu saya ada keluar darah 2 kali tapi hanya hitungan 1 hari. Beberapa minggu ini keputihan saya keluar kayak putih susu, tespek hasilnya negatif. Pas saya cek ke dokter kandungan ternyata ada cairan di dalam rahim, nah yg saya tanya kan itu caira apa,apa terjadi dan apa penyebab nya...? Mohon di jawab dan terima kasih dok??
2820 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam RF,Terlambat haid memang seringkali dikaitkan dengan kehamilan, hal tersebut memang benar namun tidak sepenuhnya benar karena banyak faktor lain yang dapat menyebabkan seorang wanita terlambat haid.Bila Anda terlambat haid selama 2 bulan dan hasil tes packnya negatif serta sudah USG dan tidak ditemukan kehamilan, maka itu artinya Anda memang tidak sedang hamil. Perihal adanya cairan di dalam rahim mungkin saja disebabkan oleh adanya infeksi di dalam rahim. Hal tersebut bisa saja menyebabkan siklus haid Anda tidak teratur. Selain tanda adanya infeksi, adanya cairan di dalam rahim juga bisa disebabkan oleh polip rahim, endometriosis, dll.

Saat ini yang perlu Anda lakukan agar siklus haidnya kembali lancar adalah:

  • Banyak makan sayur hijau, kacang-kacangan, kedelai, brokoli, dll.
  • Minum air putih yang banyak.
  • Tidur secara teratur.
  • Rutin olahraga.
  • Jaga kebersihan kelamin dengan baik agar tidak mengalami infeksi.
  • Sementara waktu jangan berhubungan seksual dulu atau gunakan kondom bila berhubungan seksual. Dan pastikan jangan berganti-ganti pasangan seksual.
Sebaiknya minum obat yang sudah diresepkan dokter kandungan Anda dan lakukan kunjungan ulang bila obatnya sudah habis.Salam sehat,dr. Vina
polip rahimpenyakit rahimendometriosis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil