Apakah sisa kuret di rahim bisa tumbuh menjadi janin?

SU Info Penanya: SU, Wanita
Assalamualaikum dok..saya mau tanyaapakah setelah kured,orang bisa hamil tnpa melakukan hubungan intim...apakan darah sisa kired bisa tumbuh menjadi janin?mohon penjelasannya dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SU.

Kuret atau kuretase adalah tindakan yang dilakukan untuk membersihkan rahim dari jaringan. Prosedur kuret biasanya dilakukan saat seorang wanita mengalami keguguran yang tidak sempurna (abortus inkomplit) atau kehamilan kosong (blighted ovum). Caranya yaitu dengan memasukkan alat tertentu ke dalam rahim untuk mengerok jaringan dalam rahim.

Pasca kuretase, tentunya rahim seorang wanita sudah kembali bersih. Dalam beberapa waktu, sistem hormon akan kembali normal, lalu wanita tersebut akan kembali mengalami menstruasi. Ketika sudah mengalami menstruasi secara teratur, maka kehamilan sudah dapat terjadi. 

Terkait kondisi yang Anda ceritakan, apabila setelah kuretase tidak melakukan hubungan intim sama sekali, maka kehamilan tidak dapat terjadi. Darah sisa kuret yang keluar dari vagina tidak dapat tumbuh menjadi janin. Darah tersebut hanyalah sisa dari luka yang terjadi pada saat proses kuret.

Apabila pertanyaan ini Anda ajukan karena ingin mencegah kehamilan pasca kuretase, disarankan untuk menggunakan kontrasepsi tambahan seperti kondom, pil, atau suntik. Bicarakan dengan suami Anda, atau berkonsultasilah langsung kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk menentukan jenis kontrasepsi yang cocok. 

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bahaya aborsi terhadap rahim

Mengenal Bahaya Aborsi dan Hukumnya di Indonesia

Bahaya aborsi perlu diketahui agar Anda mempertimbangkan keputusan ini. Mulai dari infeksi rahim hingga depresi dapat terjadi setelah Anda melakukan aborsi.