23 Nov 2020, 12:33Psikologi

Masalah perut mual setelah hubungan

KA
Info Penanya: KA0
Assalamualaikum dokter gini dok udah 2bulan ini sya merasakan klo habis hubungan ko perut rasanya enek dan mual. Awalnya aku mimpi suamiku lgi sma selingkuhanya terus sya kebangun dan merasa mual terus muntah".apa itu pengaruh buat hubungan saya.
428 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang KA,Perut enek dan mual adalah keluhan yang bisa berkaitan dengan masalah pencernaan, selain itu bisa juga karena masalah saluran kemih dan bisa karena vertigo yang bisa disertai keluhan pusing berputar terutama saat berhubungan seksual atau setelahnya.Jika mengalami mimpi, bisa juga berkaitan dengan kondisi psikologis seperti stres atau cemas. Terlebih mimpinya mengenai kejadian yang kurang mengenakan. Mimpi sendiri adalah gambaran apa yang jadi pikiran sebelum tidur dan tergambar saat tidur sehingga bisa terasa nyata seperti misalnya marah, takut, sedih dan lainnya.

Cara mengatasi mimpi buruk

Apabila sering kali ada beban pikiran dan mimpi buruk perlu melakukan komunikasi yang baik dengan suami dan juga bisa lebih terbuka agar menceritakan apa yang Anda alami. Selain itu bisa juga mengatasinya dengan cara:
  • Mengalihkan dengan pikiran yang positif
  • Perbaiki keseharian terutama pola makan dan aktivitas
  • Olahraga rutin, selain membuat tubuh bugar juga bisa menyegarkan pikiran
  • Perbanyak minum air putih
  • Minum obat maag seperti antasida dan vitamin B6 untuk mengurani enek dan mual
Jika keluhan tidak juga membaik, bisa coba periksakan pada dokter terdekat agar dipastikan apa penyebabnya. Anda juga nantinya bisa berkonsultasi pada psikolog atau dokter spesialis kedokteran jiwa jika sering kali merasa takut, cemas, atau sedih berlebih. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
mualhubungan seksgangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil