29 May 2021, 04:19Kandungan

Kenapa haid bercampur lendir?

RE
Info Penanya: RE0
Dok saya tanggal 9 malam berhubungan sama suami tapi suami pakai kondom dan saya belum KB karna baru 3 bulan melahirkan . Dan setelah hubungan itu tnggal 11 aq haid dok . Tapi kenapa di haid siklus ke2 cuma keputihan habis gitu lendir darah dok... Ya keluar darah tapi cuma lendir ?
73 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore RE,Haid adalah siklus rutin yang dialami wanita setiap 21-35 hari sekali. Paska melahirkan pun wanita kebanyakan akan tetap haid seperti biasa sebagai tanda bahwa organ reproduksi sudah kembali subur. Namun kondisi menyusui seringkali membuat wanita menjadi tidak haid karena menyusui bisa dianggap sebagai KB alami untuk mencegah kehamilan. Namun KB alami ini sebaiknya didampingi KB jenis lain agar lebih akurat. Anda bisa menggunakan KB suntik 3 bulan sekali atau suami Anda menggunakan kondom ketika berhubungan seksual.Perihal darah haid Anda yang bercampur dengan lendir bisa saja akibat keputihan. Keputihan yang berwarna putih susu biasanya terjadi akibat infeksi jamur. Selain karena infeksi jamur kondisi keputihan juga bisa disebabkan oleh servisitis. Yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kebersihan vagina.

Tips mengatasi keputihan:

  • Basuh kelamin dari depan ke belakang dan dilap kering setelahnya agar kelamin tidak lembap.
  • Hindari celana ketat.
  • Banyak minum air putih.
  • Jangan berhubungan seksual ketika sedang haid.
  • Berendam dengan air rebusan daun sirih.
Anda tidak perlu cemas, namun jika lendir ini terus muncul hinggal haid Anda sudah selesai serta berbau busuk atau terasa gatal maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi Anda serta konsultasi perihal pemakaian KB.Salam sehat,dr. Vina
hubungan seksualkeputihangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil