01 Feb 2021, 09:31Kandungan

Apakah hanya terlambat haid atau hamil?

IL
Info Penanya: IL0
Haii dokter,sy umur 19 tahun sy terakhir haid tanggal 7 januari dan sy melakukan hubungan tanggal 24 januari tapi sy tidak tau cairan sperma itu masuk atau tidak dan sampai sekarang sy blm haid dok ,apakah sy hamil atau hanya telat haid saja?
426 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, ITerima kasih atas pertanyaan AndaSecara normalnya siklus haid pada wanita berlkisar 21 hari sampai dengan 35 hari. Setiap wanita kaan mempunyai siklus haid yang berbeda-beda karena bebrapa kondisi seperti hormon tuuh, kondisi fisik serta kesehatan organ reproduksi yang bisa mempengaruhi siklus haid wanita. Namun, secara rata-ratanya, wanita mempunyai siklus haid 28 hari. Terlambat haid setelah adanya riwayat melakukan aktivitas seksual salah satunya bisa disebabkan karena kehamilan. Kehamilan terjadi saat ada sperma yang ebrhasil masuk ke dalam rahim dan membuahi sperma. Untuk mengetahui ada atau tidaknya kehamilan perlu dilakukan tes kehamilan, pemeriksaan oleh dokter serta pepmeriksaan dengan alat scanning atau USG kandungan.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan wanita terlambat haid selain karena hamil:

  • Gangguan hormonal pada tubuh
  • Kelelahan karena melakukan aktivitas yang berlebihan
  • Kondisi medis pada kesehatan organ reproduksi
  • PCOS
  • Adanya perubahan berat badan
  • Efek samping mengonsumsi obat tertentu ataupun penggunaan KB
  • Stres
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, sebaiknya lakukan tes kehamilan terlebih dahulu jika siklus haid Anda mengalami keterlambatan untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak. Terlebih bila Anda tidak yakin akan adanya sperma yang berhasil masuk atau tidak saat Anda melakukan hubungan seksual. Jika Anda dan pasangan berenana menunda kehamilan lakukanlah konsultasi ke dokter spesialis kandungan terkait dengan penggunaan alat kontrasepsi. Pastikan Anda tetap menjaga keberisihan dan kesehatan vagina, makan makanan yang sehat dan bergizi, atasi stres, jaga berat badan Anda tetap ideal, lakukan istirahat cukup, berolahraga rutin agar tubuh tetap sehat dan bugar.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidhamilhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil