12 Jan 2021, 11:44Kandungan

Haid hanya sedikit, normalkah?

CA
Info Penanya: CA0
Dok sekarang saya berumur 27 thn, saya sudah sejak bulan mei 2020 sampai dengan sekarang haid hanya sedikit dan hanya gumpalan seperti jaringan berwarna gelap, berlangsung sekitar 3 hari,, selebihnya hanya flek. Dan itu setiap bulannya berulang hingga saya tidak menggunakan pembalut. Memang sejak mei saya sakit hingga berat badan saya turun drastis, dri 51 kg menjadi 44 kg. Apakah berpengaruh haid saya?
184 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang CA ,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Siklus menstruasi pada setiap wanita berbeda-beda. Mulai dari siklus menstruasi rata-rata setiap wanita memiliki siklus antara 21-35 hari dan durasi perdarahan selama 3-8 hari. Beberapa wanita pasti pernah mengalami menstruasi dengan volume darah yang sedikit dan waktu menstruasi yang singkat. 

Menstruasi yang sedikit bisa disebabkan oleh beberapa faktor :

  • Genetik
  • Masa pubertas
  • Gaya hidup seperti merokok, kurang olahraga atau olahraga berlebihan
  • Penggunaan alat kontrasepsi tertentu
  • Penyakit radang panggul
  • Gangguan hormonal
  • Stres yang berat
Untuk mengatasinya sebaiknya ubahlah gaya hidup dengan jangan melakukan aktifitas fisik yang berlebihan, stres, olahraga dengan teratur dan memperhatikan asupan makanan dengan baik. Jika menstruasi sedikit karena penggunaan KB, sebaiknya ganti KB Anda dengan KB yang tidak mengandung hormonal. Untuk penyebab pasti dari terlambatnya haid Anda sebaiknya lakukanlah konsultasi ke dokter spesialis kandungan melalui online chat, ataupun Anda bisa melakukan pemeriksaan dan konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kandungan terdekat dari lokasi Anda.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
siklus haidpenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil