07 Dec 2020, 09:56Kandungan

Melakukan petting, apa bisa mempengaruhi menstruasi?

AN*
Info Penanya: AN*0
Dok, saya mau bertanya, apakah melakukan petting tetapi masih pakai pakaian lengkap dan memainkan jari pada vagina tetapi dalam kondisi berpakaian apakah dapat memperlambatnya haid atau mens?
1650 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, OTerima kasih atast pertanyaan AndaPetting adalah istilah yang sering digunakan untuk tindakan memijat, menyentuh, meraba atau bahkan menggesekkan area kemaluan dengan tujuan meningkatkan gairah seksual. Petting biasa dilakukan sebagai foreplay sebelum melakukan hubungan seksual. Melakukan petting dengan menggunakan pakaian lengkap, tanpa melakukan penetrasi penis ke dalam vagina dan tidak melakukan ejakulasi di dalam vagina, tidak menyebabkan kehamilan. Hal ini dikarenakan tidak ada sel sperma yang membuahi sel telur. Terkait dengan pertanyaan Anda, menyentuh area vagina dengan jari saat petting sama halnya dengan melakukan masturbasi. Kegiatan ini tidak mempengaruhi siklus menstruasi secara langsung. Perlu diketahui terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi siklus menstruasi pada wanita.

Adapun faktor tang bisa mempengaruhi silus menstruasi wanita yaitu:

  • Faktor psikologiis, seperti cemas, stres, depresi atau bahkan emosi yang tidak stabil
  • Faktor fisik, seperti obesitas, kelelahan dan lain sebagainya
  • Faktor hormonal dalam tubuh 
  • PCOS
  • Efek samping dari pemakaian KB dan konsumsi obat tertentu
  • Kondisi kesehatan pada organ reproduksi
Apabila siklus menstruasi tidak lancar, lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk diketahui penyebab pastinya. Sehingga Anda akan mendapatkan penanganan yang sesuai. Pastikan Anda menjaga kebersihan area kemaluan, hindair melakukan seks bebas agar tidak tertular penyakit menular seksual, konsumsi makanan bergizi dan berolahraga rutin agar tubuh tetap sehat.Semoga bermanfaat.


 Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidhubungan sekshubungan seksualgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil