26 Sep 2020, 17:16Kandungan

Mengalami masalah haid setelah melahirkan caesar

LN
Info Penanya: LN0
Sore dok ..saya lahiran cesar 2 bula lalu ..setelah cesar saya haid smpai 1 bulan ..baru 2 minggu setelah haid saya haid lagi 3 hari pertama warna haid coklat setah itu haidnya deres kira" smpai 1 minggu lebih haidnya ..sekarang udh tgl haid tpi blm haid juga ..sempet juga brhubungan dengan suami tpi tidak keluar di dlm ..mohon solusinya dok..
409 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, LN.Haid ditandai oleh proses perdarahan dari liang vagina yang berasal dari luruhnya dinding rahim. Jadi, yang Anda alami satu bulan penuh setelah melahirkan bukanlah haid, melainkan perdarahan pada masa nifas. Saat masa nifas, perdarahan memang wajar berlangsung sekitar satu bulan, karena terjadi proses pengeluaran sisa lapisan rahim serta sisa kotoran dan lemak janin.Setelah masa nifas selesai, seorang wanita bisa saja sudah kembali subur. Kembalinya kesuburan salah satunya ditandai dengan kembalinya haid. Apabila sudah subur, seorang wanita sudah dapat hamil lagi, walaupun jeda setelah persalinan belum terlalu lama.Nah, menilik dari cerita yang Anda sampaikan, kemungkinan besar perdarahan yang Anda alami dua minggu setelah nifas adalah darah haid. Perdarahan haid memang wajar diawali dengan bercak kecokelatan pada beberapa hari pertama, lalu diikuti darah merah yang menderas, dan diakhiri dengan bercak kembali. Durasi haid adalah 3-7 hari, jadi wajar saja apabila Anda mengalami haid selama seminggu.Oleh karena itu, apabila sekarang Anda mengalami keterlambatan haid, dan pernah berhubungan dengan suami, kemungkinan kehamilan bisa saja terjadi. Untuk memastikan, Anda dapat melakukan testpack atau USG di dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Apabila hasilnya negatif, maka keterlambatan haid Anda bisa saja dipengaruhi oleh faktor lain seperti:
  • Kelelahan
  • Stres atau kecemasan berlebih
  • Pola tidur yang kurang baik
  • Pola makan yang tidak sehat
  • Penggunaan alat kontrasepsi hormonal
  • Sedang menyusui (kontrasepsi alami)
  • Dan lain sebagainya
Apapun hasil testpack Anda, selalu jaga keseimbangan hormon dengan mengonsumsi buah dan sayur yang cukup, rutin beraktivitas fisik, dan kelola tingkat stres dengan baik ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidmenstruasipendarahan pasca melahirkan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil