Mengapa bulan ini saya belum haid?

SU Info Penanya: SU, Pria
Saya ingin nanya dok wanita ini haid bulan lalu tanggal 14 dan siap nya tanggal 21 tapi kenapa bulan ini belum haid juga ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Siklus haid seorang wanita dapat dihitung sejak hari pertama haid pada bulan ini hingga hari pertama haid pada periode berikutnya, normalnya wanita memiliki siklus haid antara 21 sampai dengan 35 hari. Lamanya seorang wanita mengalami haid dikatakan normal apabila terjadi selama 2 - 14 hari.  Selain karena adanya kehamilan, terlambatnya siklus haid pada wanita bisa disebabkan oleh beberapa kondisi. 

Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan seorang wanita terlambat haid diantaranya yaitu:

  • Adanya masalah pada berat badan (obesitas / berat badan kurang)
  • Adanya perubahan berat badan yang mendadak akibat dari diet ekstrim
  • Adanya masalah terkait hormon wanita
  • Adanya masalah terkait dengan organ reproduksi pada wanita
  • Stres
  • Kelelahan 
  • Efek samping dari penggunaan KB (suntik KB / pil KB dan sebagainya)
  • PCOS

Apabila pada bulan Juni, hari pertama menstruasi anda adalah pada tanggal 14 Juni 2020 dan selesai pada tannggal 21 Juni maka Anda mengalami haid selama 8 hari (normal). Sedangkan silus haid Anda, dapat dihitung dari 21 Juni 2020 maka sampai hari ini sudah 40 hari. Maka untuk isklus bulan Juli ini, anda tidak normal atau mengalami keterlambatan. Penyebabnya bisa merupakan salah satu di atas, untuk dapat memastikannya bisa dilakukan pameriksaan oleh dokter spesialis kandungan terdekat.

Tindakan yang bisa Anda lakukan agar siklus haid menjadi teratur adalah dengan sebisa mungkin Anda menghindari stres dan juga kelelahan, berikstirahatlah dengan cukup, konsumsilah makanan sehat serta bergizi, lakukan olahraga ringan secara rutin agar badan tetap sehat dan bugar.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hasil tespek positif hamil

Mungkinkan Melakukan Hubungan Seks saat Haid Menyebabkan Kehamilan?

Periode ovulasi setiap wanita berbeda-beda. Jika Anda memiliki siklus menstruasi lebih panjang, Anda masih tetap dapat hamil jika berhubungan seks saat menstruasi.