Mual muntah dan pusing, kenapa ya?

N0 Info Penanya: N0, Wanita, 29 Tahun
Dok bulan lalu saya haid dan setelah itu saya flek hampir 2 minggu dan mengalami gejala mual, pusing bahkan saya muntah. Dan bulan ini saat saya haid tetapi sudah telat 5 hari dari jadwal haid saya dan saya juga mengalami hal yang sama saat haid ini yaitu mual, pusing dan muntah. Kira kira ada apa dengan kondisi saya apakah saya terkena penyakit. Mohon penjelasannya. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, N.

Mual adalah sensasi tidak nyaman yang dirasakan. Terkadang, mual diikuti dengan muntah-muntah, yaitu keluarnya makanan yang bercampur air dan asam lambung. Mual dan muntah adalah pertanda sistem pencernaan tidak berfungsi normal seperti seharusnya.

Beberapa hal yang menyebabkan mual dan muntah adalah:

  • Gastritis atau maag
  • Keracunan makanan
  • Vertigo (pusing berputar)
  • Migrain (nyeri kepala sebelah)
  • Kehamilan, terutama pada trimester pertama
  • Pada beberapa wanita bisa disebabkan oleh perubahan hormon, misalnya saat menggunakan kontrasepsi hormonal atau akan haid

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, gejala-gejala yang Anda alami bisa berhubungan atau tidak dengan siklus haid Anda. Adapun kemungkinan-kemungkinannya telah disampaikan di atas. Oleh karena itu, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik atau laboratorium yang diperlukan untuk mengetahui penyebab pastinya.

Sementara, hindari dulu makanan pedas, terlalu berminyak, dan asam. Hindari juga kafein dan minuman bersoda. Konsumsi makanan bergizi secara teratur dalam porsi kecil, dan minum air putih yang cukup. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai pilihan obat muntaber untuk mengatasi penyakit itu

Jangan Sembarangan Minum Obat Muntaber, Ini Penjelasannya

Obat muntaber yang aman adalah oralit atau loperamide. Namun jika muntaber sudah parah, Anda harus ke rumah sakit untuk mendapat antibiotik maupun obat lainnya.