Apa penyebab gusi terasa sakit?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Gusi saya sakit karena berapa minggu yg lalu gigi saya baru lepas , tetapi keadaan gigi tersebut sebelum terlepas dri gusinya gogi itu terapit oleh gigi yg lain karena terletak di graham atas , sampai saat ini masih ngilu dan saya tidak tau kenap bisa keluar air liir secara otomatis dari dalam mulut saya? Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

Gusi adalah jaringan lunak yang menutupi tulang rahang, dimana gigi yang tumbuh akan terlihat di atas gusi. Oleh karena itu, gusi dan gigi memiliki keterkaitan. Penyakit gusi bisa menimbulkan rasa sakit pada gigi, pun penyakit gigi bisa menimbulkan rasa sakit pada gusi.

Gusi yang sakit paling sering disebabkan oleh gingivitis (radang gusi), dimana gusi akan tampak lebih kemerahan dan bengkak. Selain gingivitis, gusi juga bisa terasa sakit apabila ada pertumbuhan gigi yang tidak normal, ataupun saat gigi geraham bungsu tumbuh di masa dewasa.

Jika gusi Anda sakit, Anda dapat mencoba untuk berkumur dengan air garam hangat secara teratur. Lalu, hindari dulu mengunyah di sisi gusi yang nyeri. Anda juga bisa mengonsumsi obat antinyeri yang dijual bebas sesuai dosis, misalnya paracetamol.

Tetapi, jika tak kunjung membaik, sebaiknya pastikan apa gangguan gusi yang Anda alami. Anda disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter gigi, agar dilakukan pemeriksaan rongga mulut secara langsung. Jika dibutuhkan, mungkin dokter akan menyarankan untuk dilakukan pemeriksaan penunjang seperti radiologi. Dengan demikian, akan dapat diberikan terapi yang sesuai. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Benjolan di bibir akibat mucocele tidaklah berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya

Mucocele, Penyebab Benjolan di Bibir yang Jarang Diketahui

Mucocele adalah benjolan di bibir yang berisi cairan. Kondisi ini terjadi ketika rongga mulut tersumbat sehingga air liur menumpuk dan membentuk benjolan yang lunak.