24 Mar 2021, 20:51Kandungan

Flek setelah testpack positif, apakah masih hamil?

DL
Info Penanya: DL0
Selamat malam dok saya terkhir haid tgl 8 feb setelah itu saya coba di tes pack sampai 3 kali hasilnya positif setelah tgl 11 april keluar flek coklat campur darah sampai 12 hari nah esoknya keluar darah kaya mentruasi tapi gak banyak sampai 2 hari terus saya panik udah berhenti gak keluar lagi besoknya di tes pack tapi hasilnya sama positif tapi samar dok apakah masih hamil tapi sekarang saya masih keluar lendir flek coklat campur darah lagi dok.
183 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, DLTerima kasih atas pertanyaannya.Testpack dilakukan untuk mengetahui adanya hormon kehamilan pada urin.  Ketika testpack menunjukkan garis dua jelas kemungkinan terdapat kehamilan.   Perdarahan dari vagina saat testpack positif dapat terjadi karena beberapa hal.

Penyebab flek coklat saat testpack positif :

  • Tanda kehamilan atau biasa disebut sebagai perdarahan implantasi. Perdarahan ini umumnya hanya berupa bercak ringan selama 1-3 hari.
  • Keguguran yaitu perdarahan dari vagina yang terjadi pada awal kehamilan kurang dari 20 minggu. Keguguran dapat bersifat suatu ancaman yang janin masih hidup hingga keguguran yang janin sudah tidak dapat diselamatkan.
  • Kehamilan ektopik ataupun kehamilan anggur.
Testpack samar artinya ada kehamilan namun hormon kehamilan yang belum maksimal,  tidak ada kehamilan karena urin yang menguap seolah-olah garis dua, testpack yang rusak.   Jika sampai saat ini anda masih mengalami flek maka sebaiknya periksa ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG guna memastikan kehamilan dan penyebab flek terus menerus yang terjadi pada anda.  Semakin cepat diperiksa semakin cepat pula penanganan dilakukan. 

Beberapa tindakan awal mengatasi flek saat testpack positif :

  • Istirahat total. Lakukan aktivitas yang ringan saja.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Minum asam folat atau vitamin hamil lainnya.
  • Atur pola makan dan minum yang sehat.
  • Hindari stres, cemas, begadang.
Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilankegugurankehamilan palsuperdarahankehamilan ektopik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil