05 Nov 2020, 23:24Kandungan

Melakukan seks saat sedang haid apa risikonya?

SM
Info Penanya: SM0
Dok saya terakhir berhubungan badan dengan suami pas saya datang bulan dok, itu dua bulan lalu, dari hari itu saya tidak ada datang bulan lagi dok, tapi di tes saya tidak hamil dok ,itu gimana ya dok? Saran dok ... Terimakasih sebelumnya dok?
629 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, STerima kasih atas pertanyaan AndaMelakukan hubungan seksual secara rutin merupakan kegiatan wajar yang dilakukan oleh pasangan suami istri baik yang sedang merencanakan kehamilan ataupun tidak. Hal ini dikarenakan, dengan melakukan hubunag seksual yang rutin dapat menjaga keharmonisan rumah tangga. Melakukan hubungan seksual ketika wanita sedang masa haid, memiliki banyak risiko. 

Adapun beberapa risiko melakukan hubugan seks saat sedang haid yaitu:

  • Tertular penyakit menular seksual
  • Risiko terjadi infeksi pada organ reproduksi wanita, bisa infeksi bakteri, atau pun infeksi jamur
  • Tetap berpeluang untuk terjadi kehamilan, terlebih bagi wanita dengan siklus haid pendak dan durasi haid yang pendek
Oleh sebab itu, alangkah baiknya bila hubungan seksual dilakukan saat wanita sedang tidak dalam masa haid. Terkait dengan pertanyaan Anda, jika setelah melakukan hubungan seksual siklus haid Anda mengalami keterlambatan, dan Anda sudah melakukan tes kehamilan dengan hasil negatif. Lakukanlah tes kehamilan ulang dengan jeda 1 minggu kemudian. Selain karea kehamilan, siklus haid yang tidak teratur bisa terjadi karena stres, kelelahan, berat badan tidak ideal, gangguan hormon tubuh, efek samping KB, atau adanya masalah kesehatan organ reproduksi. Untuk memastikannya, lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat.Tetaplah mengonsumsi makanan bergizi, pastikan berat badan Anda ideal, hindari stres dan kekelahan, lakukan olahraga rutin dan beristirahatlah dengan cukup agar siklus haid kembali lancar.Semoga bermanfaat.

Salam sehat, dr. Dwiana A
hubungan sekshubungan seksualkehamilanmenstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil