22 Sep 2020, 16:57Kulit & Kelamin

Susah kencing setelah operasi prostat, bagaimana cara mengatasinya?

TS
Info Penanya: TS, Pria, 54 Tahun
Saya pria 55 tahun. Mengalami mampet buang air keci. Kemudian menjalani pengorekan prostat , saya kurang faham apa istilah medisnya. Seminggu setelah operasi itu, kateter dicabut. Masalahnya , setelah katetrr dicabut, tak terasa ketika buang air kecil ( keluar begitu saja), terasa ada satu saluran lain yang mampet meneteskan air kencing berdarah. Apa yang saya alami dokter, bgmana jalan keluarnya?
577 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang TS,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Operasi prostat atau dalam istilah medis biasa di sebut dengan prostatektomi merupakan prosedur operasi yang dilakukan untuk mengangkat sebagian atau seluruh kelenjar prostat. Beberapa indikasi yang dapat dilakukan operasi prostat adalah pembesaran prostat (Benign Prostatic Hyperplasia) BPH.

Setelah operasi prostat beberapa efek samping yang dapat muncul :

  • Nyeri dibagian bekas operasi
  • Keluarnya darah dalam urine
  • Kesulitan menahan kencing
  • Rasa perih saat buang air kencing
  • Kesulitan dalam ereksi dalam beberapa minggu
Setelah operasi, pasien akan di berikan obat anti nyeri dan dipasang kateter selama 5-10 hari untuk membantu pemulihan pasca operasi. Jika Anda mengalami efek samping yang dirasakan sangat menganggu, sebaiknya kontro kembali ke dokter urologi untuk di terapi dan diberi pengobatan lebih lanjut.Selalu jaga kebersihan penis Anda setelah operasi, jangan menggunakan pakaian dalam dan celana yang terlalu ketat, pilih bahan yang mengandung katun agar mudah menyerap keringat, konsumsi makanan bergizi perbanyak sayur dan buah, cukupi kebutuhan air putih minimal 2-3 liter / hari, istirahat cukup dan jangan terlalu lelah.Semoga informasi yang diberikan bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
operasiprostatprostatitis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil