Masalah biaya untuk pemeriksaan kandungan dan persalinan

MI Info Penanya: MI, Pria, 34 Tahun
Selamat sore dok. Saya mau tanya kalau mau konsultasi sama dokter kandungan menggunakan kartu BPJS apa di kenakan biaya dan untuk persalinan juga di kenakan biaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MI,

BPJS Kesehatan adalah merupakan badan penyelenggara asuransi kesehatan nasional dimana penggunanya dapat menggunakan fasilitas terkait kesehatan seperti salah satunya adalah pelayanan ibu hamil. Apabila saat ini sedang hamil, dapat memeriksakan diri pada fasilitas kesehatan tingkat pertama sesuai lokasi faskes terdaftar. Nantinya pelayanan kesehatan ibu hamil akan dilayani oleh dokter umum dan juga bidan seperti misalnya pada klinik ataupun puskesmas.

Apabila ada masalah kesehatan ibu hamil ataupun diperlukan pemeriksaan lanjutan karena tidak tersedia di fasilitas tingkat pertama tersebut, akan diberikan rujukan untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan lebih lanjut seperti ke rumah sakit. Misalnya diperiksakan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan salah satunya bisa untuk dilakukan pemeriksaan USG.

Apabila mengikuti prosedur tidak dikenakan lagi biaya, tapi jika langsung ke dokter spesialis kandungan tanpa mengikuti prosedur dan tidak ada indikasi kegawatan ataupun urgensi maka bisa mungkin tidak dapat menggunakan BPJS atau dapat dikenakan biaya.

Untuk persalinan sendiri BPJS menanggung biaya persalinannya baik melahirkan normal ataupun jika perlu dirujuk dan dilakukan tindakan seperti misalnya dilakukan operasi caesar. Untuk itu konsultasikan kondisi ibu hamil pada fasilitas kesehatan yang terdaftar secara teratur untuk memantau kondisi kesehatan ibu dan janin. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anemia pada janin adalah kondisi saat jumlah sel darah merah di bawah angka normal

Bisakah Anemia pada Janin Diatasi dengan Transfusi Darah?

Anemia pada janin adalah kondisi saat jumlah sel darah merah di bawah angka normal. Penyebab anemia pada bayi adalah ketidakcocokan golongan darah antara ibu dan janin. Cara mengatasinya adalah dengan transfusi darah.