08 Feb 2021, 20:07Kulit & Kelamin

Apa yang menyebabkan timbul benjolan berwarna hijau di punggung ?

EN
Info Penanya: EN0
Assalamualaikum wr.wb. Dokter saya ingin bertanya apabila ada benjolan berwarna hijau di bagian kulit punggung apakah itu berbahaya dokter ? Apakah itu termasuk bisul ya dokter ? Terimakasih. Wassalamu'alaikum wr.wb.
159 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam , E.Benjolan yang terjadi di kulit mebuat resah jika benjolan tersebut mengeluarkan cairan, bertambah besar, menimbulkan nyeri, dan rasa gatal. Benjolan dapat tumbuh di setiap bagian tubuh, dimana benjolan yang ada disebabkan oleh banyak faktor, termasuk infeksi kulit.

Apa yang menyebabkan timbul benjolan berwarna hijau di punggung ?

Penyebab timbul benjolan berwarna hijau di punggung antara lain karena infeksi pada pori-pori kulit dimana sumbatan pori-pori kulit oleh sel kulit mati dan bakteri, akan menimbulkan benjolan yang mengeluarkan nanah sehingga benjolan tampak berwarna hijau kekuningan. Selain itu penyebab benjolan yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh bekas gigitan nyamuk yang gatal dimana garukan terlalu keras membuat kulit terluka dan infeksi.Benjolan akibat infeksi kulit dimana memiliki mata atau bintik sebagai tempat keluarnya nanah sering disebut dengan bisul. Dimana benjolan ini dapat pecah dengan sendirinya atau dipecahkan oleh dokter untuk mengeluarkan nanah.

Cara mengatasi benjolan berwarna hijau di punggung

Cara mengatasi benjolan berwarna hijau di punggung antara lain :
  • Jangan memecahkan nanah sendiri menggunakan kuku atau jarum.
  • Hindari menggaruk kulit terutama dengan kuku yang kotor.
  • Lakukan kompres hangat pada benjolan di punggung.
  • Jika nanah keluar dari benjolan, bersihkan nanah menggunakan air bersih dan keringkan serta gunakan salap antibiotik tipis-tipis sebanyak 3 kali dalam sehari.
Jika benjolan berwarna hijau di punggung Anda semakin membesar, terasa nyeri, diikuti demam, segera periksa ke dokter.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.
kulit sehatinfeksi kulitbisul
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil