Kenapa perut anak saya keras, muntah setiap makan dan mimisan di hidung?

PS Info Penanya: PS, Pria, 57 Tahun
MET pagi Dokter...mhn bantuan / Solusi.Anak sy perutnya agak mengeras..tiap kali makan selalu muntah..dan terahir tadi mlm...hidungnya mimisan....mhn bantuan dokter....trim ksh dan sukses selalu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi PS,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Perut yang mengeras bisa jadi disebabkan oleh adanya massa di dalam perut, massa bisa berupa gas, tumor, lemak, dll. Penyebab penumpukan gas dari saluran cerna bisa dikarenakan peningkatan asam lambung, kondisi ini bisa diperparah dengan konsumsi makanan yang dapat mengiritasi saluran pencernaan, seperti makanan pedas, lemak, minuman berkafein dan bersoda. Gejala lain bisa disertai mual dan muntah.

Selain asam lambung perut mengeras bisa disebabkan karena kegemukan, tumor saluran cerna, pembesaran hati dan limfa, efek samping obat dan psikosomatis. Jika keluhan sakit perut masih tergolong ringan Anda bisa mengobatinya dengan :

  • Kompres perut yang keras dengan air hangat
  • Kurangi konsumsi makanan pedas, berlemak, berkafein dan bersoda
  • Makan teratur
  • Hindari untuk meminjat perut yang keras sebelum dinyatakan aman oleh dokter

Mimisan atau epitaksis dalam istilah medis merupakan perdarahan yang terjadi pada hidung. Penyebab mimisan biasanya cedera pada hidung, alergi, bentuk hidung yang bengkok, infeksi, masuknya benda asing, dll. Cara mengatasi mimisan dengan :

  • Duduk tegak dan jangan berbaring, posisi duduk mengurangi tekanan pembuluh darah hidung, sehingga perdarahan dapat segera berhenti
  • Kompres pangkal hidung dengan air dingin untuk mencegah perdarahan

Namun jika keluhan perut mengeras disertai muntah dan mimisan terus berdarah hingga lebih dari 20 menit dan tidak kunjung membaik sebaiknya dibawa ke IGD atau dokter anak untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab sakit perut saat hamil adalah tanda dari suatu kondisi seperti keguguran, hingga kehamilan ektopik

Bagaimana Cara Membedakan Kondisi Sakit Perut saat Hamil yang Normal dan Berbahaya?

Sakit perut saat hamil adalah kondisi yang umumnya terjadi, sehubungan dengan bertambah besarnya ukuran rahim. Sakit perut saat hamil biasanya disebabkan oleh nyeri akibat peregangan, kembung, dan sembelit. Sakit perut saat hamil juga dapat disebabkan oleh kondisi berbahaya, seperti kehamilan ektopik, terlepasnya plasenta, dan keguguran.