Masa subur wanita terjadi pada waktu kapan?

AA Info Penanya: AA, Wanita, 1 Tahun
Kapan sih massa subur wanita cepat hamil dok..???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang AA,

Masa subur wanita dapat diprediksi melalui beberapa cara. Yang utama adalah dengan metode kalender dimana masa subur datang sekitar 14 hari sebelum haid berikutnya tiba. Jadi jika siklus menstruasi terjadi setiap 28 hari sekali misalnya hari pertama haid terakhir tanggal 10 Desember. maka masa subur datang di hari ke 14 dari haid pertama berikutnya yaitu tanggal 24 Desember. Perhitungan ini akan sulit jika siklus haid tidak teratur.

Selain dari metode kalender dapat juga digunakan metode lain seperti melihat lendir serviks dimana pada saat subur atau ovulasi lendir akan lebih banyak dan lebih kental, tetapi bisa tersamar apabila mengalami keputihan. Metode lain adalah dengan mengukur suhu basal dimana dapat timbul kenaikan suhu tubuh saat baru bangun tidur saat masa ovulasi jadi pengukuran perlu dilakukan beberapa hari sebelumnya untuk menilai adanya peningkatan suhu. 

Jika sulit, saat ini juga sudah ada aplikasi ataupun alat pendeteksi masa ovulasi yang bisa digunakan untuk membantu mendeteksi masa subur. Jika dalam 1 tahun belum juga hamil maka perlu dilakukan pemeriksaan pada pihak laki dan juga perempuan untuk mengetahui apa penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kemungkinan wanita hamil satu sampai dua hari saat haid hampir nol persen.

Mungkinkan Seks saat Haid Menyebabkan Kehamilan?

Ovulasi adalah proses ovarium melepaskan sel telur untuk pembuahan. Sepanjang siklus ovulasi, kemungkinan hamil satu sampai dua hari saat haid hampir nol persen.