Bagaimana mengetahui masa subur?

EK Info Penanya: EK
Sore dok..Hallo dok..Saya mau bertanya, saya dtang menstruasi tgl 14-16 mei 2020Saya berhubungan intim (bercampur) sama suami saya tgl 18 nyaGini dok, apakah bisa terjadi kehamilan kah pda saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, E.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Kehamilan merupakan proses berkembangnya janin di dalam kandungan akibat bertemunya sel sperma dan sel ovum. Kehamilan dapat terjadi jika wanita tersebut melakukan hubungan seks saat sedang masa subur.

Jika Anda memiliki siklus menstruasi 28 hari, maka untuk menentukan masa subur Anda adalah di hari ke 14 setelah hari terakhir haid Anda. Jika siklus Anda tidak 28 hari, maka untuk menghitung masa subur Anda yaitu di hari ke 11 hingga hari ke 21 dalam siklus haid Anda. 

Tanda masa subur seorang wanita

Masa subur sendiri dapat ditandai dengan:

  • Peningkatan suhu tubuh sekitar 0.5-1 derajat celcius.
  • Hormon lutein yang meningkat.
  • Keputihan bening, encer, dan kenyal dari vagina.
  • Payudara lebih sensitif.
  • Perut kembung.
  • Kram di perut bawah.
  • Kelaur bercak darah dari vagina.

Terkait dengan kondisi Anda ini, Anda melakukan hubungan seksual dengan suami Anda 2 hari setelah haid, maka untuk terjadinya kehamilan sangat kecil karena itu bukan masa subur Anda. Sebaiknya, jika Anda ingin cepat hamil, Anda dan suami bisa melakukan hubungan seks kembali sekitar pada tanggal 24-31 Mei 2020. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembalut herbal mengandung campuran rempah berkhasiat yang disebut dapat membantu menstruasi lebih teratur

Diklaim Bermanfaat, Amankah Pembalut Herbal untuk Digunakan?

Meskipun normal, bau vagina ketika menstruasi dapat membuat tidak nyaman. Saat ini, sudah tersedia pembalut herbal dengan kelebihannya yang dapat menutupi bau tak sedap akibat darah menstruasi. Seberapa efektif dan amankah pembalut herbal?