Kapankah masa subur wanita ?

RK Info Penanya: RK, Pria, 23 Tahun
Dok, saya mau bertanya, pasangan saya bersih haid di tanggal 14 agustus dan itu masa subur nya di tanggal berapa ya dok kira kira? Dan saya melakukan hubungan intim di tanggal 19 apakh itu sudah di masa suburNya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RK.

Masa subur adalah saat dimana sel telur (ovum) yang berasal dari indung telur (ovarium) siap dibuahi dan dilepas menuju saluran indung telur (tuba falopi). Ketika dilepas, jika dari banyaknya jumlah sperma yang dikeluarkan apabila ada yang berhasil membuahi sel telur, maka disitulah kehamilan terjadi. 

Adapun waktu trejaidnya masa subur yang umumnya bergantung pada siklus haid setiap wanita. Pada siklus menstruasi  yang teratur setiap 28 hari, yakni, masa subur tersebut jatuh pada 12-14 hari sebelum hari pertama siklus haid selanjutnya. Atau dengan kata lain, rata-rata masa subur pada siklus yang teratus tersebut berada pada hari ke-10 hingga ke-17 apabila dihitung dari hari pertama haid sebelumnya. Sedangkan puncak masa subur atau yang disebut dengan masa ovulasi umumnya jatuh pada hari ke-13 atau 14.

Untuk menghitung masa subur pada pasangan Anda perlu diketahui terlebih dahulu apakah teratur dan berapa hari kah siklus haidnya karena akan berbeda cara menentukannya pada siklus haid yang tidak teratur. Perkiraan pada pasangan Anda umumnya 5 hari dari hari terakhir haid kemungkinan masih dalam rentang masa subur. Namun untuk memastikan, Anda dapat menanyakan kembali keterangan yang lebih jelas tentang siklus haid pasangan Anda. Jika benar siklus haid pasangan Anda tidak teratur, Anda dapat menyarankan pada pasangan Anda untuk menggunakan bantuan alat seperti yang direkomendasikan para ahli, yaitu penggunaan kalkulator masa subur.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Antenatal care atau pemeriksaan ANC adalah rangkaian program pelayanan kesehatan untuk ibu hamil

Antenatal Care, Pemeriksaan ANC Penting Bagi Ibu Hamil dan Janin

Antenatal care atau pemeriksaan ANC adalah rangkaian program pelayanan kesehatan untuk ibu hamil. Di Indonesia, rumus antenatal care disebut “10 T” dan telah dirilis sejak tahun 2009. Sama seperti manfaat USG, rangkaian pemeriksaan ANC ini penting untuk memastikan ibu hamil dan janin berkembang sesuai usia kehamilannya.