24 Oct 2021, 01:51Kandungan

Apakah haid hari ke 4 adalah masa subur?

NK
Info Penanya: NK, Wanita, 1 Tahun
Hllo dok wktu ini saya menstruasi tgl 20 September dan sekrng saya menstruasi tgl 15 Oktober apakah tgl 19 Oktober sudh termsuk masa subur???? .....mhon di respon dok.
204 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang NKMasa subur adalah kondisi dimana sel telur yang telah matang kemudian dilepaskan indung telur ke saluran telur. Sehingga apabila ada sel sperma yang masuk dapat membuahi sel telur kemudian terjadilah kehamilan.

Bagaimana mengetahui masa subur?

Masa subur masing-masing wanita ditentukan dari panjang siklus haidnya masing-masing. Bila wanita yang memiliki siklus haid teratur akan lebih mudah menghitung perkiraan masa subur.Sedangkan wanita dengan siklus haid yang tidak teratur atau sering berubah-ubah lebih sulit menentukan puncak masa suburnya. Selain itu perlu dilakukan pencatatan tanggal siklus haid minimal 6 bulan sebelumnya agar bisa mengetahui siklus haid terpanjang dan terpendek sehingga bisa didapatkan rentang masa subur.

Kapan masa subur berlangsung?

Siklus haid sendiri normalnya jika berjarak 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Masa subur dapat terjadi 2 minggu sebelum haid berikutnya, sehingga jika haid terakhir anda bermula di tanggal 15 oktober maka tanggal 19 oktober bukanlah masa subur anda.Berkonsultasilah ke dokter kandungan lebih lanjut apabila anda sedang ingin melakukan program kehamilan. Namun jika anda sedang menunda kehamilan maka dapat menggunakan berbagai metode kontrasepsi yang bisa dipilih sesuai kondisi anda.Anda juga bisa membaca forum lainnya terkait menghitung masa subur berikut:Semoga bermanfaatSalam sehatdr. Pany
siklus haidkehamilanmerencanakan kehamilanmasa subur
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil