31 Aug 2021, 20:33Kandungan

Siklus haid 30 hari, tanggal berapa masa subur terjadi ?

UT
Info Penanya: UT0
Dok saya mens tanggal 12 september rutin dengan siklus 30 hari. Maka di tanggal berapa saya bisa berada dalam masa subur?
223 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, T.Masa subur memang masa yang penting bagi seorang wanita dimana melakukan hubungan intim saat masa subur berlangsung akan memperbesar kemungkinan terjadinya pembuahan dan kehamilan. 

Jika siklus haid 30 hari, tanggal berapa masa subur terjadi ?

Siklus manstruasi yang teratur setiap bulan dimana siklus menstruasi Anda setiap 30 hari, ini akan lebih mudah menentukan masa subur. Masa subur terjadi sekitar 12 hari hingga 16 hari sebelum periode menstruasi berikutnya.Seharusnya Anda sampaikan tanggal berapa Anda haid di bulan Agustus. Jika saya tarik kesimpulan dengan siklus 30 hari, Anda haid di bulan Agustus tanggal 13 Agustus, maka masa subur 28 Agustus sampai 1 September.Beberapa tanda lain dimana Anda sedang berada dalam masa subur yaitu :
  • Gairan seksual akan semakin meningkat.
  • Timbul keputihan yang banyak namun tidak terasa gatal dan bau.
  • Badan akan terasa lebih hangat.
Anda dapat menggunakan alat ovulasi test untuk memeriksa apakah Anda dalam masa subur atau tidak. Jika Anda berencana untuk hamil, maka coba jalani pola hidup sehat bersama suami. Rajin olahraga, menjaga berat badan, konsumsi makanan bergizi, dan tentunya tidak merokok. Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan Anda termasuk USG maupun pemeriksaan kualitas sperma suami di dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
merencanakan kehamilanperlengkapan kehamilantes kesuburan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil