08 Dec 2020, 16:11Kandungan

Cara menentukan masa subur untuk promil

AM
Info Penanya: AM0
Dok bln November haid terakhir saya tgl 20 masa subur saya kapan yah dok
460 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo A,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Memiliki siklus menstruasi yang teratur yaitu sekitar 21-35 hari, rata-rata 28 hari bagi setiap wanita merupakan hal yang penting, yang dapat mempermudah menentukan masa subur sehingga peluang untuk mendapat keturunan juga lebih besar. Selain menentukan masa subur, banyak faktor lain yang dapat mempermudah untuk program kehamilan (promil) yaitu, kesehatan produksi dari ke dua belah pihak, baik wanita dan pria.

Cara menentukan masa subur

Cara menentukan masa subur yaitu dengan menentukan kapan ovulasi terjadi. Ovulasi biasanya terjadi 12 hingga 14 hari sebelum menstruasi selanjutnya. Masa subur ini terjadi saat ovulasi berlangsung. Sperma dapat bertahan selama kurang lebih 5 hari di dalam saluran reproduksi wanita, tergantung dari bentuk, pergerakan, jumlah seperma serta faktor dari keasaman vagina. Jika sperma masuk 2 hari sebelum ovulasi, maka kehamilan masih dapat terjadi jika sperma dapat bertahan dan berhasil membuahi ovum yang telah matang.Untuk mengetahui masa subur Anda, Anda harus memperkirakan terlebih dahulu kapan menstruasi Anda akan berlansung pada bulan Desember sesuai siklus biasanya Anda alami. Dan hitung mundur 12-14 hari sebelum menstruasi Anda.Selain itu ada beberapa tanda jika tubuh sedang mengalami ovulasi, antara lain :
  • Tubuh akan terasa lebih hangat dari biasanya namun tidak dalam kondisi sedang sakit
  • Keluar keputihan normal yang tidak berbau, tidak gatal, dan tidak berwarna
  • Hormon seksual lebih meningkat
  • Keram ringan pada perut dan payudara
Jika Anda sudah melakukan hubungan seksual dalam masa subur, dan secara teratur, menjaga kebersihan organ reproduksi, menerapkan pola hidup sehat, namun program kehamilan belum berhasil didapatkan setalah 1 tahun menikah, maka Anda dan pasangan dapat berkonsultasi langsung ke dokter kandungan untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih baik. Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
menjaga kehamilanmeningkatkan kesuburanmasa subur
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil