17 Nov 2020, 03:39Kandungan

Hari pertama haid terakhir 24 November, apakah tanggal 17-nya masa subur?

RP
Info Penanya: RP0
Dok sy mau tanya... Sy haid pertama tgl 24 november 2020 Nah , hari ini sy melakukan seks dng suami dan tnpa sengaja suami buang sperma di dlm Saat ini sy belom siap hamil krn baru saja punya baby Apakah ada kemungkinan sy bs hamil dok..? Atau kah saat ini masa subur saya dok? Tolong penjelasannya ya dok..?
1440 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, RPS.Masa subur adalah rentang waktu ketika sel telur siap untuk dibuahi. Disarankan untuk melakukan hubungan seks pada masa subur apabila Anda bermaksud untuk mendapatkan momongan. Sebaliknya, tundalah berhubungan apabila Anda ingin menunda kehamilan atau mengatur jarak usia anak.Pada kondisi Anda, ketika Anda menyebutkan haid pertama Anda adalah 24 November (dan hari forum ini dijawab adalah tanggal 17 November), maka ada dua kemungkinan:
  • Prediksi hari pertama haid selanjutnya Anda adalah 24 November. Apabila demikian, maka tanggal 17 November biasanya termasuk masa tidak subur, karena masa subur rata-rata jatuh pada 14-19 hari sebelum siklus haid selanjutnya. Tetapi, masa tidak subur belum tentu tidak memicu kehamilan. Kemungkinan kehamilan ada, namun lebih kecil.
  • Anda salah menulis, yang Anda maksudkan adalah hari pertama haid terakhir tanggal 24 Oktober. Apabila demikian, tanggal 17 November dapat menjadi masa subur Anda apabila siklus haid Anda termasuk panjang (sekitar 35 hari atau lebih).
Apabila telah terlanjur melakukan hubungan dengan ejakulasi di dalam, saat ini yang bisa Anda lakukan hanyalah menunggu hingga jadwal haid selanjutnya. Apabila ada keterlambatan, lakukan testpack atau USG rahim di dokter kandungan, guna mengetahui apakah ada kehamilan atau tidak.Sebaliknya, apabila ternyata haid datang sesuai jadwal, maka berarti tidak hamil. Karena Anda dan pasangan tidak siap untuk kehamilan selanjutnya mengingat usia anak masih bayi, sebaiknya gunakan kontrasepsi tambahan seperti pil, kondom, suntik, dan lain-lain. Masing-masing kontrasepsi memiliki efek samping dan jangka waktu pakai berbeda, jadi pilih yang paling cocok untuk Anda dan suami ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil