02 Nov 2020, 22:29Kandungan

Bagaimana cara menghitung masa subur?

YS
Info Penanya: YS0
Dok, Saya mau bertanya. Saya datang bulan bulan lalu tgl 29 oktober,masa subur saya kapan ya dok?
351 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, YS.Masa subur adalah rentang waktu ketika sel telur wanita siap untuk dibuahi. Disarankan untuk melakukan hubungan intim pada masa subur apabila Anda dan pasangan merencanakan kehamilan. Sebaliknya, apabila ingin menunda, hindari melakukan hubungan pada masa ini.Untuk menentukan masa subur, tidak cukup hanya dengan satu tanggal saja, seperti yang Anda sampaikan. Pun, Anda tidak menyebutkan apakah 29 Oktober adalah tanggal awal atau tanggal akhir haid. Jadi, masa subur Anda belum bisa dihitungkan secara spesifik. Namun, berikut langkah-langkah untuk mencoba menghitungnya sendiri di rumah:
  • Catat enam kali haid terakhir Anda
  • Hitung rata-rata siklus haid Anda, yaitu dari hari pertama haid saat ini ke hari pertama haid berikutnya. Contoh: apabila haid tanggal 29 Oktober-5 November, lalu 28 November-2 Desember, maka siklusnya dihitung dari 29 Oktober ke 28 November, yaitu 30 hari.
  • Kurangi siklus haid Anda dengan 14. Mengacu pada contoh kasus di poin sebelumnya, 30-14 = 16. Hari keenam belas dari hari pertama haid diperkirakan terjadi ovulasi (puncak masa subur).
  • Kurangi 5 hari dari ovulasi, 16-5 = 11. Masa subur dimulai dari hari kesebelas terhitung dari hari pertama haid.
Perlu diingat bahwa cara tersebut hanya dapat digunakan oleh wanita yang memiliki siklus haid teratur. Apabila siklus tidak teratur, misalnya terkadang dua bulan sekali, kemudian sebulan tiga kali haid, atau ada gangguan hormon karena penggunaan kontrasepsi dan hal lain, sebaiknya konsultasikan kepada dokter kandungan agar lebih tepat dan akurat. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
seksmenstruasimasa subur
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil