Apakah pada kondisi ini mungkin terjadi pembuahan?

L Info Penanya: L, Wanita, 24 Tahun
Dok sy mau tanya, saat masa subur sy berhubungan badan tp tdk dikeluarkan didalam. Apakah cairan pelumasnya mengandung sperma juga?? Apakah mungkin terjadi pembuahan?Dan saya minum postinor di jam ke 56 setelah berhubungan. Apa cukup efektif?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, L.

Pada dasarnya, ketika pria dan wanita melakukan hubungan seksual yang melibatkan penetrasi, kemungkinan pembuahan akan selalu ada. Tetapi, besar atau kecilnya kemungkinan tersebut tergantung dari aktivitas yang dilakukan serta kontrasepsi yang digunakan.

Mengenai kondisi yang Anda sampaikan, kemungkinan kehamilan tetap ada, tetapi sangat kecil. Dikatakan ada, karena faktor-faktor berikut:

  • Adanya cairan pre-ejakulasi (cairan semen) yang juga mengandung sperma, namun dalam jumlah yang lebih sedikit
  • Efektivitas kontrasepsi darurat adalah 95%
  • Apabila telah terjadi pembuahan sebelum 56 jam, maka tidak dapat dicegah oleh kontrasepsi darurat tersebut

Oleh karena itu, ada baiknya untuk melakukan testpack apabila Anda mengalami keterlambatan haid. Apabila positif, jagalah kandungan dengan baik, dengan selalu mengonsumsi makanan bergizi yang kaya asam folat, omega-3, kalsium, zat besi, dan nutrisi lainnya. Kelola stres dengan melakukan yoga, meditasi, dan latihan napas secara rutin. Mintalah dukungan kepada suami dan keluarga dekat lainnya.

Tetapi, apabila negatif, dan Anda memang bermaksud untuk mencegah kehamilan, ada baiknya menggunakan kontrasepsi tambahan seperti kondom, pil, atau suntik. Anda dapat berkomunikasi dengan pasangan Anda jenis kontrasepsi apa yang menjadi pilihan, karena masing-masingnya memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. 

Untuk informasi lebih lanjut, konsultasikan kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulit berjerawat adalah mitos hamil anak perempuan

Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan yang Sebenarnya Cuma Mitos

Katanya ibu hamil yang suka uring-uringan berarti ciri-ciri sedang mengandung bayi perempuan, padahal ini mitos. Jenis kelamin hanya bisa dilihat lewat USG.