06 Aug 2020, 14:46Kandungan

Masa subur ataukah hamil?

IA
Info Penanya: IA0
Selamat siang dok sama mau tanya kn tanggal 21mei saya haid tanggal 3 junii saya berhubungan badan tanggal 22juni saya haid dan tanggal 15juli saya haid lagi tapi di bulan agustus udah 5 hari ada bercak darah coklat tapi cuman sedikit apa saya hamil
4720 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam IA,Masa subur adalah masa menjelang ovulasi atau saat sel telur mengalami pematangan dan peluang untuk hamil menjadi lebih besar. Biasanya masa subur terjadi 14 hari menjelang siklus menstruasi berikutnya. Jadi apabila hari pertama haid terakhir adalah tgl 15 Juli dan siklus menstruasinya 28 hari, maka masa subur diperkirakan di tanggal 27-31 Juli.Apabila sebelumnya melakukan hubungan badan secara teratur dan saat ini timbul bercak ada kemungkinan merupakan tanda hamil. Tetapi jika berhubungan badan terakhir kali adalah tanggal 22 Juni dan setelahnya sudah terjadi haid dan tidak kembali melakukan hubungan badan maka bukan karena terjadi kehamilan.Keluarnya flek darah atau flek cokelat sendiri bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan seperti:
  • Masalah hormonal
  • Adanya gangguan pada organ reproduksi seperti adanya polip rahim, adanya tumor jinak atau mioma, adanya endometriosis 
  • Efek samping kontrasepsi
  • Akibat berhubungan seksual
  • Penyebab lainnya
Jika flek berlangsung lebih dari 7 hari, bisa merupakan perdarahan yang tidak normal, dan perlu diperiksakan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dipastikan apa penyebabnya. Oleh dokter akan diberikan obat untuk membantu menghentikan perdarahan baik yang bersifat hormonal ataupun nonhormonal dan bisa diberikan vitamin K sesuai resep dokter untuk membantu menghentikan perdarahan.Jika perdarahan lebih deras bisa berisiko terjadi anemia atua kekurangan darah yang bisa ditandai dengan lemas, lelah, tampak pucat, pusing, sesak dan ditandai adanya penurunan kadar hemoglobin pada pemeriksaan darah. Untuk itu penting agar minum air putih lebih banyak, makan sayur dan buah, serta memperbaiki pola tidur dan mengupayakan olahraga rutin. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
perdarahanflek darahorgan intim wanita
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil