Berhubungan di akhir menstruasi tanpa alat kontrasepsi

AP Info Penanya: AP, Wanita, 1 Tahun
dok...tgl 18 saya halangan smpai dengan tgl 20. di tgl 21 saya berhubungan dengan suami tnpa alat kontrasepsi. Kemungkinan hamil gak ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Berhubungan seksual di akhir masa menstruasi atau ketika menstruasi sudah bersih memiliki kemungkinan hamil. Kemungkinan terjadi hamil karena sperma bisa bertahan hingga 3 hari di dalam rahim.

Kemungkinan hamil tetaplah ada meskipun tidak sebesar saat berhubungan seksual di masa subur terlebih jika tidak menggunakan pengaman atau alat kontrasepsi.

Untuk menentukan masa subur sendiri dapat digunakan beberapa metode seperti:

  • Menggunakan kalender masa subur, bisa juga gunakan aplikasi untuk siklus menstruasi dan masa subur
  • Lendir serviks, saat ovulasi bisa timbul keputihan yang lebih banyak tapi tidak berubah warna atau gejala lain seperti keputihan karena infeksi
  • Mendeteksi dengan alat pendeteksi kesuburan yang bisa dibeli di apotek
  • Metode suhu basal atau mengukur suhu ketika baru bangun tidur sebelum turun dari kasur, tapi agak sedikit sulit karena bisa dipengaruhi kondisi lain seperti kondisi kesehatan 

Jika terjadi terlambat haid atau muncul tanda kehamilan setelah melakukan hubungan seksual, bisa coba perhatikan sampai siklus haid berikutnya. Kalau terlambat haid bisa lakukan tes pemeriksaan awal menggunakan testpack ya.

Jika masih ingin menunda hamil maka sebaiknya gunakan pengaman seperti misalnya kodom atau metode KB lain seperti pil KB. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tips seks tahan lama bisa konsumsi makanan sehat yang kaya mineral seng.

10 Tips Seks Tahan Lama untuk Membakar Malam Anda dengan Pasangan

Agar lebih percaya diri, berikut tips seks tahan lama yaitu: gunakan kondom, teknik pause-squeeze, teknik stop-start, olahraga, yoga dan meditasi, asupan mineral seng, dsb.