Menghitung masa subur, bagaimana caranya ?

DA Info Penanya: DA, Wanita, 18 Tahun
Hai dok saya mau tanya,,Saya terakhir haid itu tanggal 29 April-4 Mei,,itu kira" masa subur saya &masa tidak subur saya tanggal berapa ya dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DA.

Masa subur adalah waktu disaat sel telur (ovum) yang telah siap dibuahi dilepaskan oleh indung telur (ovarium) menuju saluran indung telur (tuba falopi). Pada saat pelepasan tersebut, apabila ada sperma yang berhasil membuahi sel telur, maka kehamilan dapat terjadi. Karena itu masa subur adalah saat yang penting untuk diketahui bagi pasangan yang sedang menjalani program kehamilan.

Adapun cara untuk menghitung masa subur bagi Anda yang memiliki siklus menstruasi 28 hari, yakni, 12-14 hari sebelum hari pertama haid selanjutnya. Dengan kata lain, rata-rata masa subur wanita berapa pada hari ke-10 hingga hari ke-17 jika dihitung dari hari pertama haid terakhir, dengan puncak ovulasi yang umumnya jatuh pada hari ke-13 atau 14.

Berikut contoh perhitungannya, jika hari pertama haid terakhir Anda tanggal 29 April, maka masa subur Anda berada pada rentang tanggal 8 mei hingga 15 mei dengan puncak ovulasi berada pada tanggal 11 atau 12 mei.

Akan tetapi perhitungan di atas tidaklah mutlak karena terkadang siklus haid dapat memendek ataupun memanjang. Bagi wanita yang memiliki siklus haid kurang atau lebih dari 28 hari, para ahli merekomendasikan penggunaan kalkulator masa subur.

Berikut terlampir artikel mengenai cara menghitung masa subur sebagai informasi yang lebih lengkap untuk Anda.

Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh DA
12 May 2020, 07:55
Jadi itu masa pra subur saya kapan yaa dok??Kira kira tanggal berapa waktu tidak subur saya??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
13 May 2020, 07:07
Selamat pagi DA
Untuk mengetahui masa subur, Anda harus mengetahui siklus menstruasi Anda dahulu. Cara menghitungnya dimulai dari hari pertama menstruasi (pada bulan ini) sampai dengan hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Siklus menstruasi normal 21 - 35 hari. Jika siklus Anda 28 hari, masa ovulasi biasanya terjadi pada 12 -14 hari menjelang menstruasi berikutnya. Jadi, kemungkinan berada pada 8 - 15 Mei, dengan puncaknya sekitar tanggal 12 atau 11 Mei.
Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Olahraga tergolong sebagai salah satu cara melancarkan haid secara alami

Secara Alami atau Obat, Ini Cara Melancarkan Haid yang Aman

Ketika menstruasi Anda tersendat, Anda bisa memilih beragam cara melancarkan haid secara alami. Mulai dari olahraga hingga yoga. Anda juga bisa mengonsumsi obat memperlancar haid yang diresepkan oleh dokter bila diperlukan.