Bagaimana mengetahui masa prasubur?

DA Info Penanya: DA, Wanita, 18 Tahun
Hai dok saya mau bertanyaSaya haid bulan lalu tanggal 25-30 Maret,pada bulan ini 29 April-4 Mei,,itu kira" masa pra subur saya tanggal berapa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DA.

 

Masa prasubur dan masa subur dapat dihitung jika siklus haid setiap bulan lancar dan teratur. Siklus yang teratur pada umumnya 28 hari namun untuk kisarannya 28-35 hari masih dapat dikatakan normal.

Apabila panjang siklus haid Anda teratur 28 hari, maka puncak masa subur Anda berarti terletak pada hari ke-14. Karena sel sperma dapat hidup selama 48-72 jam (2-3 hari) di dalam saluran telur, maka masa prasubur Anda terletak 3 hari sebelum dan 3 hari sesudah. Dengan kata lain, masa subur akan berada pada rentang hari ke-11 sampai hari ke-17 dalam siklus haid yang normal.

Terkait dengan pertanyaan Anda jika hari pertama haid terakhir Anda tanggal 29 April 2020 diambil rata2 siklus Anda 28 hari maka rentang waktu masa subur Anda antara 9-15 Mei 2020 dan puncak dari masa subur Anda adalah 13 Mei 2020.

Jika Anda menginginkan terjadinya kehamilan sebaiknya lakukan hubungan seksual dengan pasangan di masa subur tersebut, namun jika Anda masih ingin menunda kehamilan Anda bisa memilih alat kontrasepsi yang tepat. Maka konsultasikanlah kepada dokter spesialis kandungan untuk memilih solusi yang lebih tepat.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh DA
19 May 2020, 09:27
Jadi kalau saya mau melakukan hubungan intim agar tidak terjadi kehamilan,tanggal berapa ya dok yang pas untuk saya melakukan hubungan intim nya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
20 May 2020, 06:08
Selamat pagi DA,
Dengan asumsi siklus haid Anda teratur (35 hari), masa subur Anda selanjutnya jatuh pada 14-19 Mei. Tetapi, hubungan seks di luar masa subur juga bisa dapat menyebabkan kehamilan, apabila siklus haid tidak teratur. Sebaiknya gunakan kontrasepsi tambahan jika benar-benar ingin menghindari kehamilan. Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berenang saat haid justru aman dilakukan karena tekanan dari air kolam akan menghentikan aliran darah menstruasi untuk sementara

Ini Alasan Mengapa Berenang Saat Haid Bukan Masalah

Tak perlu ragu berenang saat haid. Tekanan dari air kolam justru menghentikan aliran darah haid sementara.