11 Mar 2021, 01:11Kandungan

Kenapa flek terus-menerus setelah KB?

TH
Info Penanya: TH0
dok saya mau tanya... saya lahiran tgl 23desember....selsei masa nifas itu tgl 2 februari.. tapi masih ada flek" gitu.. nah pas 40hari itu saya langsung suntik kb yg 3bulan...tapi kenapa ya sampe sekarang masih ngeflek dok.... apa gpp ya dok.. udah hampir 2bln semenjak d kb ngeflek terus...
231 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, THA.Flek yang terus-menerus menandakan ada hormon tubuh yang tidak seimbang. Apabila Anda memang menggunakan kontrasepsi suntik, maka mungkin hal tersebut yang mengganggu keseimbangannya. Perlu diketahui bahwa suntik mengandung hormon progesteron sintetik, yang dapat memicu perubahan hormon alami tubuh.

Efek Samping Kontrasepsi Suntik

Jadi, kemungkinan besar hal yang Anda alami merupakan efek samping yang umum dan wajar. Selain flek berkepanjangan, suntik juga memiliki efek samping lain, yaitu:
  • nyeri pada perut dan payudara
  • nafsu makan yang meningkat, sehingga menjadi lebih gemuk
  • gairah seksual yang berubah
  • jerawat atau kulit menjadi berminyak
Apabila merasa tidak nyaman dengan kontrasepsi tersebut, Anda dapat mencoba mengganti metode menjadi kontrasepsi non-hormonal. Misalnya, dengan menggunakan kondom atau IUD tembaga yang juga aman bagi ibu menyusui.Tapi, memilih kontrasepsi sebaiknya dengan pertimbangan matang, ya. Masing-masing kontrasepsi memiliki jangka waktu pakai, cara penggunaan, dan efek samping yang berbeda. Anda perlu mendiskusikan lebih lanjut terkait hal ini kepada suami, atau bisa langsung berkunjung berdua ke dokter spesialis kandungan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
penggunaan kbkontrasepsiflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil