Melakukan hubungan intim di menstruasi hari terakhir

J Info Penanya: J, Wanita
Dok, semisal saya mens, hari terakhir. Dan di hari itu juga masih ada sedikit flek, tp saya melakukan hubungan intim. Apakah ada kemungkinan untuk hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, J.

Pada prinsipnya, kehamilan sangat mungkin terjadi apabila hubungan intim dilakukan pada saat masa subur, yang jatuh mulai dari lima hari sebelum ovulasi, sampai hari ovulasi itu sendiri. Ovulasi adalah puncak masa subur, yaitu 14 hari sebelum menstruasi selanjutnya.

Untuk menjawab pertanyaan Anda, perlu diketahui terlebih dahulu apakah hari terakhir menstruasi Anda termasuk ke dalam masa subur atau bukan. Berikut dua kasus sebagai contoh:

  • Menstruasi Anda berlangsung selama 6 hari, dengan siklus 22 hari. Otomatis, masa subur Anda akan jatuh tepat setelah selesai menstruasi dan tiga hari setelahnya. Apabila Anda melakukan hubungan intim pada hari terakhir menstruasi, maka kemungkinan hamil ada.
  • Menstruasi Anda berlangsung 4 hari, dengan siklus 30 hari. Pada skenario ini, masa subur akan jatuh sekitar 7-12 hari setelah menstruasi selesai. Jadi, apabila hubungan intim dilakukan pada hari terakhir menstruasi, maka kemungkinan hamil sangat kecil, bahkan tidak ada.

Oleh karena itu, agar pertanyaan Anda dapat dijawab dengan lebih jelas, Anda bisa melengkapi data durasi dan siklus menstruasi Anda dan mengajukan pertanyaan kembali. Atau, Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk informasi lebih lanjut.

Akhir kata, apabila Anda menanyakan pertanyaan ini karena ingin menunda kehamilan, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan kontrasepsi tambahan, seperti kondom, pil, suntik, atau implan. Komunikasikan dengan pasangan Anda untuk menentukan kontrasepsi yang cocok, karena masing-masing jenisnya memiliki keuntungan, kerugian, dan jangka waktu pemakaian yang berbeda. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan.

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan terjadi bukan hanya menjelang menstruasi, tapi juga kehamilan. Meskipun keduanya termasuk dalam golongan keputihan, tapi terdapat karakteristik yang berbeda dari kondisi ini. Kenali 3 tanda ini agar Anda bisa membedakannya.