30 Apr 2021, 19:37Psikologi

Marah dan kesal tapi tidak bisa meluapkannya.

DP
Info Penanya: DP0
Dok, akhir-akhir saya sering merasa kesal dan marah ketika sesuatu tidak terjadi sesuai harapan saya. Dan ketika amarah saya meluap saya kesulitan meredakannya. Alhasil saya hanya bisa menangis tanpa suara dan terkadang sambil mematahkan barang² sekitar saya, agar perasaan saya merasa lega. Yang saya rasakan ketika marah dan menangis adalah pikiran kacau, kepala pusing, tangan gemetar, dada sesak dan keinginan untuk merusak apapun atau menyakiti diri sendiri (seperti menjambak rambut dan wajah)
47 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi DP,Amarah adalah suatu hal yang wajar dirasakan karena setiap orang tentu memiliki permasalahan yang berbeda-beda. Namun amarah ini perlu dikendalikan dengan cara yang benar.

Penyebab amarah sulit dikendalikan:

  • Masalah sudah menumpuk sejak lama.
  • Tidak ada orang yang mendukung atau berusaha membantu Anda sehingga Anda merasa sendirian dan putus asa.
  • Masalah datang terus menerus tanpa adanya solusi.
Pikiran kacau, kepala pusing, tangan gemetar, dada sesak dan keinginan untuk merusak apapun atau menyakiti diri sendiri merupakan tanda luapan emosi yang ditahan dan cara Anda meluapkan atau sedikit melampiaskan perasaan tidak nyaman yang Anda rasakan. Bila hal ini diteruskan maka tidak baik untuk kesehatan mental Anda. Karena menyakiti diri sendiri adalah salah satu tanda seseorang mengalami depresi.

Tips mengendalikan emosi atau amarah:

  • Kenali masalah Anda dan berusaha temukan solusinya pelan-pelan.
  • Berusaha berbagi cerita dengan orang lain untuk sedikit meluapkan kekesalan Anda. Dengan berbagi cerita maka perasaan akan terasa lebih lega meski belum tentu menemukan solusinya.
  • Berpikir positif dan jangan putus asa.
  • Kendalikan amarah dan tarik napas panjang setiap kali Anda merasa sedih atau marah. Minum segelas air untuk membantu menenangkan perasaan Anda.
  • Lakukan olahraga untuk memberi semangat diri sendiri.
Lakukan konseling dengan psikiater untuk membantu menyelesaikan solusi Anda. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya yang penting Anda mau berusaha untuk sembuh.Salam sehat,dr. Vina 
mengatasi depresidepresimanajamen amarah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil