26 May 2021, 00:44Psikologi

Mertua ikut campur urusan rumah tangga dan bikin stres ? Yuk konsul psikolog.

VA
Info Penanya: VA0
Saya wanita 31 tahun. Mantan pacar dari suami msh sering diundang ke rumah oleh ibu mertua. Dia dekat dgn ibu mertua. Bahkan, kami diminta menerimanya sbg saudara, tapi saya & suami menolak, yg akhirnya kami dimarahi. Jika ada acara keluarga, dia diundang, & terkadang menginap dlm waktu yg lama di rumah mertua saya. Untungnya kami & ibu mertua tinggal berjauhan lain kota, tapi kami tetap dipaksa untuk mau berkunjung ke rumah si mantan. Apa tindakan ibu mertua sy wajar? apa yg perlu kami lakukan?
206 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, V.Sebagai pasangan yang sudah berumah tangga sebaiknya lupakan semua kenangan masa lalu terutama hubungan dengan mantan karena dapat memicu pertengkaran satu sama lain. Kenangan manis maupun buruk bersama mantan sebaiknya hanya dikenang sebagai memori dalam ingatan tanpa harus menemuinya kembali.

Apakah wajar mertua yang mengatur kehidupan rumah tangga ?

Saat ibu mertua Anda memaksa untuk tetap berhubungan baik dengan mantan suami Anda wajar jika tujuan hanya sekedar menjalin silahturahmi. Silaturahmi dapat dilakukan sesekali, lewat telpon atau bertanya kabar seadanya, tanpa harus mengundang bahkan mengajak mantan tersebut menginap di rumah mertua.Hal ini dapat menimbulkan kesalahpahaman baik Anda, pasangan, mantan suami dan mertua. Apalagi saat ibu mertua yang cenderung "memaksa" tetap bertemu dan berkunjung ke rumah mantan suami Anda.Anda dan suami harus bersikap tegas dan bicarakan dengan baik kepada mertua Anda. Bagaimana harusnya sikap mertua terhadap kehidupan rumah tangga Anda, perasaan Anda sebagai wanita, risiko yang dapat ditimbulkan saat suami masih bertemu dan berhubungan baik dengan mantannya. Anda juga dapat konsultasi bersama psikolog jika Anda merasa tertekan dengan semua sikap mertua Anda.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
asmararumah tanggamenjalin hubungan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil