02 Sep 2021, 18:19Kepala

Manfaat usg kepala.

L
Info Penanya: L0
Dokter, apakah usg kepala bisa mendeteksi semua penyakit yang ada di kepala? Seberapa efektif tingkat keakuratan dari usg kepala?
170 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam L,USG adalah salah satu pemeriksaan penunjang yang bisa dilakukan untuk membantu menegakkan diagnosa suatu penyakit. USG ini bisa dilakukan pada area perut, kepala, jantung serta kaki. Namun USG ini tidak bisa menembus tulang, sehingga jika dilakukan USG pada kepala maka hanya bisa dilakukan pada bayi kecil di bawah usia 18 tahun atau orang dewasa yang melakukan operasi pengangkatan tulang tengkorak (cranium).

Penyakit yang bisa dideteksi dari usg kepala:

  • Hidrocephalus. Adanya sumbatan pada ventrikel akan membuat aliran cairan cerebrospinal (CSF) menjadi tidak lancar sehingga kepala akan membesar secara bertahap.
  • Perdarahan otak yakni intraventricular hemorrhage (IVH).
  • Periventricular leukomalacia (PVL). Biasanya USG dilakukan sedini mungkin yakni sekitar bayi usia 4-8 minggu.
  • Adanya kelainan bawaan lahir/ kongenital.
  • Meningitis.
  • Ensefalitis.
Mengenai seberapa efektif USG kepala ini, maka pemeriksaan ini sering dilakukan untuk menentukan kelainan pada kepala bayi karena salah satu kelebihannya adalah tidak menimbulkan radiasi seperti pada CT scan atau MRI. Namun jika dirasa memerlukan pemeriksaan lebih lanjut, maka dokter akan melakukan tindakan CT scan. Lakukan konsultasi dengan dokter bedah saraf jika memiliki keluhan pada kepala.Salam sehat,dr. Vina 
hidrosefalusperdarahanusg
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil