16 Sep 2021, 22:14Kulit & Kelamin

manfaat terapi laser vagina

F
Info Penanya: F, Wanita, 27 Tahun
Dok, saya rajin untuk melakukan berbagai perawatan tubuh dan kemarin ada yang menawarkan saya untuk melakukan terapi laser vagina. Namun, saya masih ragu karena belum paham apa manfaat dari terapi laser vagina. Adakah manfaatnya atau bahkan dampak buruk bagi vagina, Dok?
83 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, FTerima kasih atas pertanyaannya. Terapi laser vagina adalah salah satu perawatan vagina yang dilakukan untuk mengatasi sindrom menopause seperti vagina kering, iritasi vagina, nyeri saat hubungan intim dan nyeri saat buang air kecil akibat efek dari penurunan hormon estrogen saat wanita mengalami menopause.  Terapi laser yang menggunakan CO2 ini sudah cukup sering digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit contohnya kutil kelamin.  Laser yang ditembakkan ke kulit akan membentuk suatu luka dan merangsang produksi kolagen agar terbentuk jaringan kulit yang baru.  Terapi laser vagina ini dikatakan membantu menebalkan dinding vagina yang menipis agar dan meningkatkan produksi pelumas vagina.  Namun tentu semua tindakan memiliki risiko efek samping yang mungkin timbul. 

Dampak terapi laser vagina :

  • Luka bakar pada kulit vagina. 
  • Bekas luka yang menetap. 
  • Nyeri di vagina. 
  • Infeksi pada saluran kemih dan di vagina. 
Karena tergolong baru, penelitian terkait terapi laser vagina masih terbatas sehingga keamanan, risiko, dan manfaatnya masih perlu dipastikan kembali.  Untuk itu, jika tidak memiliki masalah terkait bagian vital ada baiknya menunda dulu untuk dilakukan terapi laser vagina sampai terjamin keamanannya.  Atau dapat juga berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit dan kelamin terkait perawatan di daerah vagina agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.  Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat, dr. Farah
perawatan laserkulit dan kecantikankelamin perempuankesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil