21 Aug 2021, 09:24Infeksi

Manfaat plasma darah covid

P
Info Penanya: P0
Dok, apa fungsi plasma darah covid bagi orang yang terinfeksi virus corona? Bagaimana cara mendonorkan plasma darah covid?
104 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi PPlasma konvalesen adalah sebuah terapi yang digunakan untuk penderita covid19 dengan gejala sedang atau berat. Metode ini digunakan dengan cara mengambil darah dari para penyintas covid dan kemudian disaring hingga hanya tersisa plasma dan antibodi.

Manfaat Plasma Darah Covid19

Berdasarkan bukti ilmiah, demikian diharapkan dengan transfusi plasma konvalesen ini para penderita covid19 dengan gejala sedang atau berat dapat melawan infeksi virus tersebut dan perbaikan sel yang lebih cepat. Sehingga para penderita covid19 dapat berkurang derajat keparahannya dan sembuh lebih cepat. Namun terapi plasma konvalesen ini tidak efektif untuk pasien yang sudah sangat berat atau kritis keadaannya dikarenakan kerusakan paru yang sudah luas.

Syarat Pendonor Plasma konvalesen Covid19

Jadi apabila anda ingin menjadi pendonor plasma konvalesen, ada berbagai persyaratan untuk bisa menjadi pendonor. Persyaratannya antara lain:
  • Pernah positif covid19 dalam 3 bulan terakhir dan sudah negatif dengan swab PCR
  • Tidak memiliki penyakit komorbid atau infeksi
  • Tidak dalam keadaan hamil
  • Umur 17-60 tahun
  • Tidak memiliki keluhan dalam 14-28 hari
  • Berat badan di atas 55kg
  • Titer atau kadar antibodi cukup tinggi terhadap covid19
  • Golongan darah pendonor cocok dengan penerima donor
  • Tidak menerima trasnfusi apapun dalam 6 bulan terakhir
Bila anda memenuhi syarat di atas maka anda bisa mengunjungi kantor PMI terdekat untuk mendonorkan darah anda. Anda akan di skrining terlebih dahulu dan melalui pemeriksaan golongan darah dan rhesus, kemudian akan diambil darahnya kurang lelbih 400-600ml.Jadi jika nantinya ada yang membutuhkan plasma konvalesen akan diuji kecocokan antara plasma pendonor dengan penerima donor. Bila cocok maka transfusi plasma konvalesen bisa diberikan.Jadi tidak ada salahnya untuk mengajak dan mengedukasi para penyintas yang anda kenal untuk ikut mendonorkan plasma konvalesen. Jangan lupa juga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan disiplin dan bila ada pertanyaan seputar plasma konvalesen anda bisa konsultasi ke dokter ya.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
infeksi virusdonor darahcoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil