08 Oct 2019, 07:26Penyakit Lainnya

Manfaat onani

AS
Info Penanya: AS, Pria0
Apakah onani itu baik?
80401 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi AS,Onani atau masturbasi adalah aktivitas seksual yang dilakukan tanpa melibatkan pasangan. Onani sendiri boleh dilakukan selama tidak menimbulkan kecanduan. Berikut ini beberapa manfaat positif yang didapat setelah aktivitas onani seperti :
  • Meningkatkan berbagai hormon seperti oksitosin, dopamin, endorfin, dan prolaktin dimana hormon-hormon ini akan menimbulkan perasaan senang, tenang, dan relaksasi pada tubuh.
  • Mengurangi stres. 
  • Meningkatkan kualitas tidur. Setelah onani maka tubuh akan melepaskan hormon-hormon seperti prolaktin yang berfungsi untuk mengatur siklus tidur seseorang.
Meskipun aktivitas onani memiliki manfaat positif, namun juga tetap perlu diperhatikan dampak negatifnya seperti :
  • Kecanduan. Seseorang bila tidak dapat mengendalikan dirinya maka akan mengalami kecanduan karena dirinya merasa puas dengan aktivitas seksualnya tersebut tanpa harus melibatkan orang lain, dan dapat dilakukan setiap saat tanpa harus menunggu persetujuan dari pasangan.
  • Trauma penis. Aktivitas onani yang berlebihan dan kasar akan melukai penis itu sendiri. Selain itu bila timbul luka pada penis dan onani dilakukan dengan tangan yang kotor maka dapat menyebabkan terjadinya infeksi.
  • Infeksi menular seksual. Aktivitas onani dimana menggunakan bantuan mainan seks yang digunakan secara bergantian dengan orang lain, dapat menularkan infeksi menular seksual seperti gonorea, herpes, sifilis.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan onani adalah :
  • Hindari merangsang penis secara berlebihan.
  • Hindari menggunakan mainan seks secara bergantian dengan orang lain.
  • Cuci tangan sebelum melakukan onani.
  • Jaga kebersihan area sekitar kemaluan.
Bila Anda sudah mulai merasa kecanduan terhadap aktvitas onani, maka Anda dapat berusaha mengalihkannya dengan aktivitas lain seperti olahraga bersama teman-teman, hindari di rumah sendiri, banyak lakukan aktivitas diluar rumah bersama orang banyak, hindari menonton hal-hal yang dapat merangsang niat untuk onani. Bila hal ini tidak membantu, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.Salam sehat,dr. Vina
herpes genitalsifilismasturbasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil