manfaat kulit manggis untuk gangguan ginjal dan sindrom nefrotik

B Info Penanya: B, Pria, 37 Tahun
apakah benar manfaat kulit manggis dapat membantu atau mengobati gangguan ginjal? apa sebaiknya buahan atau makanan yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita sindrom nefrotik?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam B

Kulit manggis dalam beberapa laporan penelitian terbukti banyak mengandung antioksidan. Kandungan antioksidan terbesar adalah Xanthone di ikuti polifenol dan flovanoid. 

Pada beberapa laporan kajian klinis dilaporkan xanthone menjadi antioksidan yang bermanfaat mencegah kerusakan ginjal, bersifat renoprotective atau melindungi ginjal. Namun untuk mencapai ekstraksi antioksidan yang tepat hingga terbukti memperbaiki fungsi dan memperbaiki kerusakan ginjal sampai saat ini belum banyak dilaporkan.

Pada sindrom nefrotik terjadi kondisi hipoalbumi, hiperlipidemia, edema dan proteinuria. Kerusakan ginjal pada penyakit ini terjadi idiopatik atau tidak jelas, sebagian akibat penyakit autoimun seperti sindrom lupus eritematous. Kebocoran protein pada ginjal yang bermasalah memicu ditemukannya protein pada urin (proteinuria) sehingga terjadi penurunan protein tubuh dan gangguan produksi sintesi albumin (hipoalbumin) dan peningkatan kadar kolesterol, albumin yang turun memicu pembengkakan pada tubuh/edema. 

untuk tatalaksana sindrome nefrotik biasanya dokter memberikan kortikosteroid jangka panjang dan terbukti dapat memperbaiki progresifitas kerusakan ginjal. Pada beberapa kondisi juga diberikan agen imunosupresan untuk menekan reaksi imun yang merusak ginjal.

Diet yang baik pada sindrom nefrotik diantaranya pembatasan asupan garam, diet seimbang kalori dan protein. Saat badan terlalu bengkak tidak di anjurkan terlalu banyak makan buah yang mengandung air. 

Pasien sindrom nefrotik yang mengkonsumi steroid lama juga perlu mendapatkan suplementasi kalsium dan vitamin d untuk mencegah efek kerusakan tulang. Suplementasi kalsium dan vitamin d juga dapat melalui konsumsi susu, tahu, tempe, susu kedelai, ikan, telur.

Sebaiknya anda juga berkonsultasi dengan dokter dahulu untuk pengaturan makanan yang bisa dikonsumsi oleh pasien sindrom nefrotik.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nutrisi dan makanan diet perimenopause berfokus pada protein, omega-3, serat, dan kalsium

Diet Perimenopause untuk Menghadapi Menopause tanpa Gangguan

Diet perimenopause sangat efektif untuk menangani perubahan hormonal dalam tubuh wanita yang akan mengalami fase menopause. Beberapa menu makanan diet perimenopause antara lain seperti protein, asam lemak omega-3, makanan kaya serat, dan kalsium.