15 Sep 2021, 18:05Gigi & Mulut

manfaat hidrogen peroksida untuk gigi

F
Info Penanya: F, Wanita, 27 Tahun
Dok, saya ingin bertanya, apakah benar hidrogen peroksida ini bisa digunakan untuk memutihkan gigi? Soalnya, banyak yang bilang jika hidrogen peroksida bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi. Adakah efek samping dari epnggunaan hidrogen peroksida untuk memutihkan gigi?
144 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, FTerima kasih atas pertanyaannya. Gigi yang putih tentu menjadi idaman semua orang karena dapat menunjang penampilan dan menigkatkan kepercayaan diri.  Banyak yang mengatakan untuk memutihkan gigi salah satunya dengan menggunakan hidrogen peroksida.  Hidrogen peroksida adalah senyawa kimia yang banyak ditemukan pada produk disinfektan atau pembersih.  Terkait kesehatan gigi dan mulut, hidrogen peroksida juga menjadi zat aktif yang ditemukan pada produk gigi dengan klaim memutihkan gigi.  Kandungan peroksida terdapat dalam bentuk larutan ataupun seperti pasta gigi. Menurut beberapa penelitian, hidrogen peroksida memang bermanfaat dalam  mengurangi plak gigi dan menghilangkan noda di gigi namun ada beberapa efek samping yang perlu menjadi suatu perhatian.  

Efek samping hidrogen peroksida untuk gigi :

  • Merusak enamel gigi jika digunakan dalam waktu lama dan konsentrasi terlalu tinggi. 
  • Gigi menjadi lebih sensitif.
  • Peradabngan pada akar gigi dan gusi. 
Efek samping yang timbul ini akan terjadi ketika menggunakan cairan yang konsentrasinya lebih dari 3%, kontak dengan gigi terlalu lama atau lebih dari 1-2 menit, serta terlalu sering digunakan dalam sehari.  Untuk itu sebaiknya jika ingin menggunakan hidrogen peroksida untuk memutihkan gigi di rumah cari yang konsentrasinya paling rendah atau untuk lebih amannya konsultasi dahulu dengan dokter gigi mengenai cara untuk memutihkan gigi dengan baik dan penggunaan hidrogen peroksida yang benar sehingga terhindar dari risiko kerusakan gigi.  Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat, dr. Farah
kesehatan gigigigi sensitifgigi putih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil