30 Jan 2021, 13:58Penyakit Lainnya

Apa manfaat daun bidara bagi penderita diabetes ?

US
Info Penanya: US0
apakah daun bidara dapat meyembuhkan penyakit gula dara dokter?
1558 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, U.Diabetes merupakan penyakit kronis dimana belum ada obat yang dapat menyembuhkannya. Pengobatan diabetes yang ada, baik secara oral, maupun suntikan, dan terapi lainnya berfungsi untuk mengontrol gula darah agar gula darah tidak menimbulkan penyakit serta merusak organ lainnya.

Apa manfaat daun bidara bagi penderita diabetes ?

Menurut beberapa penelitian yang ada, manfaat daun bidara bagi kesehatan karena kandungan yang terdapat di dalamnya. Beberapa kandungan daun bidara antara lain siklopeptida alkaloid, asam amino, vitamin, mineral, asam lemak tidak jenuh, polifenol, saponin dammarane dimana keseluruhannya dapat berfungsi sebagai antiinflamasi, antioksidan, menurunkan kadar gula darah, antimikroba, dan pengatur imun atau imunodulator. Namun daun bidara ini hanya berfungsi membantu menurunkan gula darah, dan antioksidan agar penderita diabetes terhindar dari komplilkasi yang ada.

Bagaimana cara mengkonsumsi daun bidara bagi penderita diabetes ?

Daun bidara dapat direbus terlebih dahulu sebelum airnya diminum. Untuk jumlah pasti berapa banyak dauh diminum, harus melaui penelitian yang jelas, sesuai dengan kadar gula darah yang ada, berat badan, obat yang dikonsumsi, jenis kelamin, serta usia.Anda dapat memulai konsumsi daun bidara dari dosis terkecil secara perlahan ditingkatkan. Namun jika dalam mengkonsumsi daun bidara anda mengalami suatu reaksi alergi baik berupa rasa gatal dengan ruam di seluruh tubuh, mual muntah yang tidak tertahankan, rasa lemas hingga ingin pingsan dan terjatuh, segera hentikan pemakaian, dan konsultasi secara langsung ke dokter spesialis penyakit dalam.Jaga kesehatan Anda, lakukan pemeriksaan kesehatan dan gula darah secara rutin, olahraga ringan dan senam diabetes untuk memperbaiki persarafan, hindari makanan yang tinggi akan gula.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
komplikasi diabetesketoasidosis diabetikdiabetes melitus tipe 2
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil