Manfaat air jeruk nipis menurunkan berat badan

YP Info Penanya: YP, Pria, 25 Tahun
Dear Dokter,Benarkah jeruk nipis bisa menurunkan berat badan jika dikonsumsi setiap hari? Mohon informasinya. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak YP,

Untuk berat badan ideal Bapak saat ini adalah 71 Kg, sehingga masih ada kelebihan berat 11 kg yang harus Bapak kurangi. Sari jeruk nipis  menurut penelitian mengandung zat yang dapat berfungsi sebagai antiseptik dan juga dapat menekan napsu makan. Tapi sebagaimana umumnya zat yang belum ditentukan sebagai obat farmasi maka dosis dan cara pakainya pun belum ditentukan secara jelas. Tidak ada salahnya Bapak minum perasan jeruk nipis yang dilarutkan dalam segelas air sehari sekali, namun sebaiknya tetap fokus secara benar bila tujuannya adalah memperoleh berat badan yang ideal dan hidup sehat.

Prinsip utama untuk menurunkan berat badan adalah motivasi positif yang terus menerus dan dipakai sebagai pedoman dan gaya hidup. Hindari keinginan sesaat dan diet yoyo yaitu diet yang suatu saat berhasil, kemudian gagal dan terjadi berulang.

Kami tidak menyarankan menggunakan obat diet atau obat penekan nafsu makan, namun lebih menyarankan untuk mengendalikan nafsu makan dengan prinsip makan sehat dan seimbang 3 kali dalam sehari, dan hindari mengemil. Sebaiknya dipahami bahwa tidak ada cara yang mudah untuk memperoleh hasil yang abadi.

Ada bermacam macam jenis diet yang dapat diikuti dan sesuai dengan kondisi kesehatan. Misalnya diet rendah karbohidrat dan tinggi protein, atau diet dengan cara menghitung kebutuhan kalori perhari dan diet tanpa karbohidrat. Pilihlah yang cocok dan sesuai dengan kondisi Bapak.

Cara sehat untuk menurunkan berat badan adalah secara bertahap, dengan memperbaiki gaya hidup dan Pola makanan sehat dan mempertahankan hal ini menjadi gaya hidup bahkan setelah berat badan ideal sudah tercapai.

Kami sarankan untuk tidak melakukan ekperimen berbahaya dan diet yang ekstrim karena akan membahayakan kesehatan, seperti tidak makan sama sekali.

Prinsip sederhana untuk menurunkan berat badan adalah antara lain :

1. Sarapan pagi, sangat penting untuk tubuh karena selama tidur malam selama 6 jam, tubuh mengalami kelaparan dan memerlukan energi untuk memulai aktifitas di pagi hari sampai waktunya makan siang.

2. Makan siang dengan panduan diet seimbang

3. Hindari ngemil, karena tambahan karbohidrat dan gula ekstra tidak diperlukan oleh tubuh bila tubuh tidak bekerja keras (pada atlit dan pekerja kasar lainnya)

4. Sebaiknya tidak mengkonsumsi : cemilan, es krim, kue – kue, biskuit, permen, coklat dll.

5. Batasi Karbohidrat, seperti nasi, mie, pasta, jagung, kentang dan lain lain sebaiknya dibatasi jumlah yang dimakan. Tingkatkan konsumsi serat dari sayur, buah, dan konsumsi protein dari ikan, daging merah, tahu dan tempe

6. Makan malam sebelum jam 6 sore dengan porsi yang sedikit karena malam hari tubuh tidak memerlukan banyak kalori.

7. Minum air putih sehari minimal 2 liter sebanding dengan 8 Gelas. Bila merasa lapar diantara waktu makan, sebaiknya hindari godaan untuk ngemil dengan minum satu gelas air putih. Hal ini dikarenakan tubuh sering salah mengartikan rasa haus menjadi rasa lapar.

8. Ikuti saran cerdas dengan menambahkan irisan jeruk lemon atau jeruk nipis dalam satu gelas air putih. Keuntungannya selain menambah asupan Vitamin C untuk tubuh, memberi rasa segar untuk air yang diminum, juga merupakan cara detoksifikasi sederhana.

9. Ikuti aturan, makan sebelum merasa lapar dan stop makan sebelum merasa kenyang. Selalu makan dengan porsi yang cukup setiap waktunya makan jangan melewati waktu makan karena akan menyebabkan kelaparan dan kehilangan kontrol saat makan.

10. Disarankan untuk melakukan detoksifikasi tubuh, minimal sekali dalam sebulan, dengan cara sederhana yaitu melakukan puasa, karena puasa berguna untuk mengistirahatkan organ pencernaan dan membuang racun yang tidak diperlukan oleh tubuh.

11. Hindari minuman manis, kopi, teh, sirup, minuman bersoda dan alkohol.

12. Setiap makan, sebaiknya kunyah makanan secara perlahan, dan nikmati dan pikirkan setiap rasa dan tekstur makanan, dan jangan makan secara terburu – buru.

13. Sebelum makan, dimulai dengan minum satu gelas besar air putih atau makan bebapa potong buah yang akan menimbulkan efek penuh pada lambung sehingga saat makanan besar, porsi makan akan secara otomatis berkurang.

14. Janganlah memakai makanan sebagai hadiah untuk diri sendiri atau sebagai pelarian seperti makan untuk perayaan, makan saat sedih dan makan saat stress.

15. Tingkatkan metabolisme tubuh, dengan cara beraktifitas rutin seperti berjalan kaki, joging dan berolah raga. Olah raga yang membentuk tubuh dan sangat cepat membakar kalori contohnya adalah berenang, lari, jalan cepat, bersepeda, dan aerobik.

Cara yang sehat adalah penurunan berat 2 kg dalam 1 minggu, jangan memaksakan diri karena mungkin pada minggu – minggu awal pencapaian hanya 1 kg perminggu. Tetaplah konsisten dan rutin mengikuti saran sehat ini, untuk mencapai tujuan jangka panjang memperoleh berat badan ideal dan mempertahankannya.

Sebaiknya dimulai dari sekarang untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya, karena di usia muda saat  laju metabolisme tubuh masih tinggi dan baik, kemungkinan memperoleh berat badan yang ideal masih sangat mungkin. Hal ini akan semakin sulit bila sudah mencapai usia lebih dari 30 tahun.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cukup tidur dan menghindari stres ternyata berguna untuk menghilangkan lemak perut

4 Cara Mudah Mengurangi Lemak Perut

Ukuran peut normal bagi wanita adalah 35 inci (88,9 cm) dan bagi pria adalah 40 inci (101,6 cm). Lemak yang berlebihan pada perut akan membahayakan kesehatan. Ada beberapa cara menghilangkan lemak perut, salah satunya adalah dengan menghindari stres.